POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pengusaha di sektor TI dan teknologi melaporkan penurunan tajam dalam ekspektasi lapangan kerja – The Irish Times

Pengusaha di sektor TI dan teknologi melaporkan penurunan tajam dalam ekspektasi lapangan kerja – The Irish Times

Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan di sektor TI diperkirakan akan memecat lebih banyak staf dibandingkan jumlah karyawan yang mereka pekerjakan pada kuartal ini untuk pertama kalinya sejak tahun 2020, sementara optimisme terhadap perekrutan di sektor teknologi juga mengalami penurunan tajam.

Survei Prospek Ketenagakerjaan ManpowerGroup didasarkan pada masukan dari 420 pemberi kerja di seluruh Irlandia. Dia bertanya apakah pengusaha berniat mempekerjakan pekerja tambahan atau mengurangi jumlah tenaga kerja mereka dari bulan Januari hingga Maret.

Prakiraan lapangan kerja bersih digunakan secara internasional sebagai indikator tren pasar tenaga kerja, dan dihitung dengan mengurangkan persentase pemberi kerja yang mengantisipasi pengurangan tingkat lapangan kerja dari jumlah yang akan mereka pekerjakan, yang kini sebesar 21%.

Ekspektasi telah melemah sebesar 10 persen sejak kuartal sebelumnya dan sebesar 3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini mengindikasikan adanya penurunan sentimen ketenagakerjaan menuju kisaran rata-rata selama tiga tahun terakhir.

Survei menunjukkan bahwa optimisme terhadap lapangan kerja di sektor teknologi turun dari 55 persen dua tahun lalu menjadi -8 persen. Hal ini merupakan respons terhadap pertumbuhan yang lebih lambat dari perkiraan dan persiapan menghadapi stagnasi bisnis yang berkelanjutan.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa 90% perusahaan di sektor TI kesulitan menemukan kandidat dengan keterampilan yang mereka butuhkan. Angka ini naik 11 poin persentase dibandingkan tahun lalu.

Di semua sektor, keterampilan TI dan data sulit ditemukan – terutama di sektor TI – dengan 69 persen perusahaan teknologi kesulitan menemukan kandidat dengan kompetensi TI dan data yang mereka butuhkan.

Perumahan pada tahun 2024: “Beberapa tahun lagi sebelum kita melihat jumlah rumah yang kita butuhkan”

“Sektor teknologi Irlandia telah memasuki periode kontraksi menyusul periode kelebihan lapangan kerja secara signifikan,” kata John Galvin, direktur pelaksana ManpowerGroup Ireland.

READ  Anambra meluncurkan inisiatif untuk meningkatkan industri teknologi lokal

“Perusahaan teknologi, terutama perusahaan perangkat lunak multinasional, harus merespons pertumbuhan yang lebih lambat dari perkiraan dan rendahnya permintaan global.

“Sebagian besar dari PHK ini berada pada peran pendukung bisnis tingkat menengah seperti SDM dan Pengalaman Pelanggan, dan dipekerjakan untuk mengantisipasi pertumbuhan besar-besaran yang tidak terwujud pada tahun 2023.”

Penurunan di sektor teknologi paling jelas terlihat di Dublin, dimana perusahaan TI melaporkan prospek lapangan kerja bersih sebesar -20 persen, turun dari +53 persen pada dua tahun lalu.

Namun, 88 persen perusahaan TI di Dublin City melaporkan kesulitan menemukan keterampilan yang mereka perlukan dari para kandidat, sementara 35 persen perusahaan melaporkan bahwa keterampilan TI dan data adalah yang paling sulit ditemukan.

“Kami terus melihat adanya lowongan untuk peran teknis yang memiliki keahlian khusus dan berketerampilan tinggi seperti insinyur cloud, spesialis keamanan siber, pengembang dan insinyur data, karena perusahaan masih mencari untuk mengisi lowongan tersebut meskipun terjadi penurunan yang lebih luas,” kata Galvin.

“Kekurangan talenta ini disebabkan oleh permintaan akan keterampilan khusus yang meningkat lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan perekonomian, namun kita tahu bahwa mereka yang memiliki keterampilan umum menghadapi pasar kerja yang lebih ketat.

“Perusahaan juga beralih ke strategi kontrak dan perekrutan sementara untuk menutupi kekurangan kandidat tetap dalam jangka pendek, namun pengusaha perlu memperkenalkan dan menggunakan program peningkatan keterampilan untuk kandidat teknis di tahun baru jika mereka berencana untuk mengatasi kekurangan talenta ini. ”

Sektor komunikasi, transportasi, logistik dan jasa otomotif melaporkan prospek lapangan kerja bersih sebesar +48 persen, diikuti oleh sektor kesehatan dan ilmu hayati yang tumbuh pesat sebesar +40 persen.

READ  Zoom memangkas hampir 200 pekerjaan di wilayah Teluk karena lonjakan PHK teknologi - Red Bluff Daily News

Namun, masing-masing sektor ini melaporkan bahwa mereka menghadapi kesenjangan keterampilan yang sangat besar, sehingga sulit untuk mengubah niat optimis untuk merekrut menjadi lowongan pekerjaan.