POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penemuan bakteri yang terkait dengan kanker prostat dipandang sebagai terobosan potensial | Kanker prostat

Para ilmuwan telah menemukan bakteri yang terkait dengan kanker prostat agresif dalam aksi, disebut-sebut sebagai revolusi potensial dalam pencegahan dan pengobatan bentuk penyakit yang paling mematikan.

Para peneliti yang dipimpin oleh University of East Anglia melakukan analisis genetik kompleks pada urin dan jaringan prostat lebih dari 600 pria dengan dan tanpa kanker prostat, dan menemukan lima jenis bakteri yang terkait dengan perkembangan penyakit yang cepat.

Studi ini tidak membuktikan bahwa bakteri tersebut menyebabkan atau memperburuk kanker prostat, tetapi jika pekerjaan yang sekarang sedang dilakukan menegaskan perannya, para peneliti dapat mengembangkan tes untuk mengidentifikasi pria dengan risiko terbesar dan mungkin menemukan antibiotik untuk mencegah kanker membunuh ribuan nyawa setiap tahun.

Dr Hayley Luxton, dari University of Prostate, mengatakan: “Ini adalah penemuan menarik yang akan merevolusi pengobatan untuk pria.” kanker Inggris, yang turut mendanai penelitian tersebut.

Menulis di majalah Tumor Urologi EropaDalam artikel ini, para ilmuwan menjelaskan bagaimana penyelidikan genetik mereka menemukan lima jenis bakteri – tiga baru dalam ilmu pengetahuan – terkait dengan kanker prostat stadium lanjut. Pria yang memiliki satu atau lebih jenis dalam urin, prostat, atau jaringan tumor mereka 2,6 kali lebih mungkin untuk melihat kanker stadium awal berkembang menjadi penyakit lanjut daripada pria yang tidak.

Ada kemungkinan bakteri tidak terlibat dalam penyakit ini, kata ilmuwan senior Colin Cooper, profesor genetika kanker di University of East Anglia. Misalnya, pria dengan kanker prostat yang lebih agresif mungkin memiliki sistem kekebalan yang terganggu yang memungkinkan bakteri tertentu untuk berkembang. Tetapi para peneliti sangat menduga bahwa mikroba terlibat, seperti halnya infeksi Helicobacter pylori Meningkatkan risiko kanker perut.

READ  Teleskop Luar Angkasa James Webb diluncurkan dalam perjalanan untuk menyaksikan fajar cahaya bintang

“Jika Anda mengetahui dengan pasti bahwa suatu jenis bakteri menyebabkan kanker prostat, Anda dapat membuat antibiotik untuk menghilangkannya dan itu akan mencegah perkembangannya,” kata Cooper. Namun dia mengingatkan bahwa ini tidak sesederhana kelihatannya. Ada banyak komplikasi. Antibiotik tidak mencapai prostat dengan baik dan Anda harus memilih antibiotik yang hanya membunuh bakteri tertentu.”

Sementara kanker prostat adalah bentuk paling umum dari penyakit yang ditemukan pada pria, dalam banyak kasus pasien meninggal karena penyakit itu daripada karena penyakit itu. Bentuk paling agresif dari kanker prostat mengklaim sekitar 12.000 orang di Inggris setiap tahun.

Profesor Rosalind Ellis, ahli genetika kanker dalam penelitian di Lembaga Penelitian Kanker Di London, dia mengatakan itu adalah “hasil yang sangat menarik” dari menemukan “mikroorganisme baru” dalam kasus kanker prostat. “Belum diketahui penyebabnya, tapi kalau bisa dibuktikan, kita punya jalur potensial untuk pencegahan,” katanya. “Cara kami mungkin dapat menunjukkannya adalah dengan meneliti untuk melihat apakah organisme ini tidak ditemukan dalam sampel prostat yang tidak memiliki kanker.”

Informasi genetik tentang mikroba telah memungkinkan para ilmuwan untuk mengumpulkan bagaimana mereka berperilaku dalam tubuh, termasuk racun dan zat lain yang mungkin mereka lepaskan. Hal ini membuat mereka mengembangkan setengah lusin hipotesis tentang bagaimana serangga dapat menyebabkan kanker prostat.

“Saat ini kami tidak memiliki cara yang dapat diandalkan untuk mengidentifikasi kanker prostat yang parah, dan penelitian ini dapat membantu memastikan bahwa pria mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mereka,” tambah Luxton.

“Jika tim dapat menunjukkan bahwa bakteri yang baru diidentifikasi ini tidak hanya dapat memprediksi kanker prostat, tetapi sebenarnya menyebabkannya, kami mungkin dapat mencegah kanker prostat terjadi untuk pertama kalinya. Ini akan menjadi terobosan besar yang dapat menyelamatkan ribuan nyawa. setiap tahun.”