POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pendidikan kejuruan dapat membantu Indonesia maju dari kekuatan ke kekuatan

Pendidikan kejuruan dapat membantu Indonesia maju dari kekuatan ke kekuatan

Jakarta. Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang kuat, tetapi investasi dalam pendidikan kejuruan dan pelatihan yang lebih tinggi dapat membantu negara berkembang dari kekuatan ke kekuatan, menurut mantan Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia Stephen Siobo.

Siobo mengatakan bahwa saat ini Asia adalah benua terpenting yang harus dipertimbangkan oleh investor untuk berinvestasi, dan Indonesia adalah contoh nyata dari pertumbuhan yang kuat di kawasan ini.

Reformasi ekonomi di negara kepulauan telah menghasilkan pertumbuhan produk domestik bruto yang berkelanjutan. Indonesia diharapkan menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia – dengan proyeksi PDB sekitar $10,5 triliun pada paritas daya beli – pada tahun 2050. Indonesia juga telah menunjukkan komitmen untuk menarik investasi asing ke dalam negeri.

Mantan menteri itu menambahkan bahwa membangun kapasitas nasional adalah salah satu bidang utama yang dapat menempatkan Indonesia pada fondasi yang lebih kuat di tahun-tahun mendatang.

“Khususnya, kesempatan untuk berinvestasi di pendidikan dan pelatihan vokasi,” kata Siobo baru-baru ini di Investor Daily Summit 2022 di Jakarta.

Bank Dunia dan Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi [Organization for Economic Co-Operation and Development] Saya telah mencalonkan pendidikan dan pelatihan kejuruan, dan kemampuan untuk memperkenalkan anak-anak Indonesia ke dalam sistem pendidikan di usia yang lebih muda, sebagai pendorong utama pertumbuhan masa depan Indonesia, ”kata Siopu.

Ini akan mencakup pelatihan perhotelan di sektor pariwisata dan pendidikan kejuruan di bidang konstruksi dan pipa ledeng, untuk beberapa nama.

Ciobo mengatakan, “Ini adalah contoh di mana, dengan investasi yang tepat oleh pemerintah, Indonesia dapat berkembang dari kekuatan ke kekuatan dan membangun kapasitas nasional yang sebenarnya.”

Investasi dalam pelatihan dapat membawa ekonomi digital Indonesia ke tingkat berikutnya. Misalnya, Siobu mengatakan kepada forum bahwa peningkatan investasi dalam pelatihan bahasa Inggris akan membantu Indonesia mengekspor layanan digitalnya ke belahan dunia lain seperti Eropa.

READ  Indonesia dan Yunani mengintensifkan kerjasama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif

IA-CEPA dan Pelatihan Kejuruan
Karena pendidikan kejuruan menjadi sangat penting untuk pertumbuhan, Ciobo melihat potensi Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan Australia di sektor ini dengan memanfaatkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA).

“IA-CEPA menawarkan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan studi profesional baik di Australia atau berdasarkan kurikulum Australia yang dikembangkan. Ini secara material membangun kapasitas,” kata Sioppo.

“Sekarang ada ruang untuk investasi lokal di sektor pendidikan kejuruan Indonesia, bersama dengan, misalnya, kekayaan intelektual yang berasal dari Australia, untuk mengembangkan sektor ini dan melatih puluhan ribu orang Indonesia dengan keterampilan praktis siap kerja di berbagai bidang seperti tata rambut hingga pertukangan dan pipa ledeng.

IA-CEPA telah menciptakan kerangka kerja untuk kolaborasi yang lebih kuat dalam pelatihan kejuruan. Ini telah memungkinkan penyedia pendidikan kejuruan Australia untuk mendirikan lembaga pelatihan di Indonesia dengan persentase kepemilikan 67%. Hal ini juga membuka kemungkinan baru bagi orang Indonesia untuk menerima pelatihan di Australia dan Indonesia dari penyedia pelatihan Australia.