POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penantang gelar dunia yang terlupakan, Salo Flor

Penantang gelar dunia yang terlupakan, Salo Flor

Sejarah catur bisa menjadi kejam bagi pemain hebat yang levelnya tiba-tiba turun. Salah satu orang yang reputasinya rusak adalah Salo Flor, peringkat 2 dunia di belakang Alexander Alekhine pada awal tahun 1930-an.

Pada tahun-tahun puncaknya, Flohr bermain imbang dengan juara masa depan Max Euwe dan Mikhail Botvinnik, memenangkan emas di Olimpiade, dan dipilih oleh FIDE pada tahun 1937 sebagai saingan resmi Alekhine. Alekhine setuju, dan serangkaian 30 pertandingan di kota-kota Ceko direncanakan, dibiayai oleh perusahaan sepatu Bata. Kemudian datanglah Munich pada tahun 1938. . .

Di Avro Super Championship, Fleur menempati posisi terakhir. Dia dan istrinya melarikan diri ke Rusia dengan bantuan temannya Mikhail Botvinnik. Di sana ia menjadi jurnalis catur yang sukses, namun karir bermainnya terhenti ketika para pemain muda Soviet “bangkit seperti jamur”, mengambil jalan keluar yang mudah dengan hasil imbang yang cepat dan disepakati.

Awal hidupnya sulit. Salah satu dari delapan bersaudara dari keluarga miskin, orang tuanya terbunuh dalam pogrom dan dia serta saudara laki-lakinya harus melarikan diri ke Praha, tempat pekerjaan pertamanya adalah menjual asinan kubis. Ini diikuti dengan tur surat kabar di mana dia menyaksikan pelanggan kafe bermain catur, menjadi tertarik, menunjukkan bakat luar biasa, dan segera bisa mencari nafkah dengan bermain permainan kilat untuk bertaruh dan memberikan pertunjukan secara bersamaan.

Pada tahun-tahun awalnya, keahlian Flohr yang hebat adalah menemukan dasar-dasar strategis dalam situasi sederhana. Game pertama yang saya mainkan meninggalkan kesan yang sangat besar. Dengan pertukaran ratu sejak awal, Fleur secara sistematis mengeksploitasi uskup kulit hitam aktifnya melawan rekan kulit putih pasifnya untuk menukarnya dengan kemenangan. Akhir dari pion.

READ  Pemain Italia berpikir Jorginho adalah pesaing untuk Ballon d'Or setelah musim yang hebat

Tiga dekade kemudian, dia melakukan kesalahan yang sama terhadap Flohr di Hastings. 12…Nxb3 saya? (Yang benar adalah Nfd7) memungkinkan dia untuk melemahkan, menyerang dan menangkap pion a5 Hitam secara sederhana dan sistematis, setelah itu hasilnya adalah Perlahan tapi pasti.

Akankah Flor memenangkan gelar juara dunia dari Alekhine? Tampaknya tidak mungkin, karena ia tampil buruk dalam pertandingan satu lawan satu dan tidak mampu mengimbangi serangan fantasi No. 1. Tapi dengan dukungan penonton tuan rumah yang bisa menginspirasi oposisi, siapa tahu?

Teka-teki 2556

Kristina Brankova vs Maria Manakova, Liga Serbia 2023. Hitam untuk bergerak dan menang.

klik disini Untuk solusinya