POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemerintah mengizinkan pesta dan konser berskala besar — ​​Indonesia di luar negeri

Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G mengatakan pemerintah akan mengizinkan acara besar seperti konser dan pernikahan besar diadakan dengan pedoman yang ditetapkan. Kata Bilah.

Johnny mengatakan hal ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan, terutama dalam konteks pariwisata nasional, pariwisata dan eskalasi epidemi Govt-19.

“Mengingat perlunya kita mengakomodir kegiatan sosial agar produktif dan aman dari Covid-19, pemerintah kini bisa memberikan izin untuk menggelar acara dan pertemuan berskala besar hingga mengikuti pedoman yang mereka terapkan,” kata Johnny.

Dia memberikan contoh kegiatan berskala besar seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, konser, pernikahan dan acara besar, serta pertandingan sepak bola Liga 1 dan Liga 2.

“Tentunya pelaksanaan key event melalui diskusi dengan berbagai pihak,” ujarnya.

Menpora menyebut Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX tahun ini sebagai contoh aksi besar-besaran sesuai pedoman yang diterapkan.

“Pedoman dan good practice penyelenggaraan PON XX bagi Indonesia untuk melakukan operasi skala besar selama epidemi akan menjadi pengalaman berharga,” katanya. Dijelaskan.

Izin operasi besar akan diberikan selama jumlah kasus COVID-19 terkendali. Setiap penyelenggara harus hati-hati berkoordinasi dengan pemerintah dan gugus tugas COVID-19 setempat.

Setidaknya enam kemungkinan wabah virus harus dipertimbangkan sebelum izin dapat diberikan, yaitu:

  1. Kondisi Covid-19 di area acara
  2. Acara ini memungkinkan ruang sosial dan sirkulasi udara yang baik
  3. Durasi acara
  4. Manajemen fungsional
  5. Jumlah peserta
  6. Status vaksinasi peserta

Pemerintah juga mengutip contoh pedoman untuk melaksanakan fungsi-fungsi utama sebagai berikut:

  • Sebelum acara: Penyuluhan kesehatan, penyusunan pedoman pelaksanaan dengan rencana kontinjensi, memastikan sarana dan prasarana mendukung protokol kesehatan.
  • Selama acara: Pemeriksaan kesehatan, memastikan peralatan medis tersedia, peserta harus mematuhi prosedur, dan melihat segera jika ditemukan kasus positif.
  • Setelah acara: Pastikan tidak ada kasus positif untuk kembali ke daerah asal dan tingkatkan isolasi setelah datang dari daerah tersebut.
READ  'Kami adalah bagian dari negara Anda' - Kiwi yang terperangkap di India melanjutkan perjalanan pulang | 1 Berita

Baca lebih lajut Pedoman Imigrasi: Aturan baru untuk mendapatkan visa ke Indonesia