POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemerintah ingin Jakarta 'pusat ekonomi seperti New York, Sydney' setelah relokasi IKN, kata menteri

Tempo.co, JakartaMenurut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada hari ini, 13 Maret, pemerintah menargetkan Jakarta bisa menjadi pusat perekonomian di masa depan, berbeda dengan kota-kota ternama kelas dunia lainnya.

“Kami ingin Jakarta menjadi salah satu pusat utama perekonomian, jasa, perbankan, dan sektor lainnya, seperti New York di AS atau Sydney dan Melbourne di Australia,” kata Tito dalam rapat kerja Badan Hukum DPR. Perwakilan (DPR), dikutip AntaraRabu, 13 Maret 2024.

Menurut Tito, agar Jakarta menjadi kota kelas dunia atau global city, perlu adanya komitmen yang kuat antara DPR, DPD, dan pemerintah daerah.

“[Jakarta as a city] Tidak hanya kompetitif di tingkat Asia Tenggara, tapi setara dengan kota-kota maju lainnya di dunia,” kata Tito.

Sebagai perwakilan pemerintah, Tito menjelaskan dalam pertemuan tersebut bahwa pemerintah menyetujui pembahasan RUU Status Keistimewaan DKI Jakarta (RUU DKJ). IKN UU Nomor 3 Tahun 2022.

D.K.J. Ditto mengatakan RUU tersebut sepakat untuk membahas inisiatif tersebut lebih lanjut, dengan tetap “memperhatikan ketentuan yang relevan”.

Sementara itu, Ketua Badan Legislatif DPR Subratman Andi Aktas menilai Jakarta harus dibentuk menjadi kota metropolitan di tingkat nasional, regional, dan global. “Dengan terciptanya kawasan integrasi untuk mendukung kawasan penyangga terpadu Pokor, Debok, Tangerang, Bekasi, dan Siangjur,” kata Subrathman.

Antara

Seleksi Guru: Walhi mewaspadai kemungkinan kerusakan lingkungan akibat migrasi masyarakat ke IKN

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  5 destinasi di Lombok, Indonesia, dari pulau terpencil hingga resor ramah lingkungan hingga ibu kota selancar layang negara.