POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pembangunan Pusat Data Nasional, IKN menandakan komitmen Pemerintah

Pembangunan Pusat Data Nasional, IKN menandakan komitmen Pemerintah

JAKARTA (ANTARA) – Pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) dan ibu kota baru Kota Nusantara (IKN) menunjukkan komitmen pemerintah dalam mengembangkan teknologi untuk mendukung kelestarian lingkungan, menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Wakil Menteri Nesar Patria mengatakan PDN dibangun dengan teknologi yang dapat memanfaatkan energi terbarukan.

“Pembangunan PDN di Sikarang, Jawa Barat, telah tersertifikasi sebagai green data center atas panel surya, lampu LED, dan sistem pendingin evaporatifnya,” kata Patria dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Komitmen serupa juga ditunjukkan dengan pengembangan Nusantara sebagai smart city yang mengoptimalkan konektivitas internet untuk operasional sehari-hari, ujarnya.

“Adopsi teknologi Internet-of-Things (IoT) di seluruh layanan publik akan membantu mengurangi emisi karbon,” kata Wamenhub.

Patria mengatakan, pembangunan berkelanjutan yang diupayakan pihaknya sejalan dengan prinsip berbagai suku di Indonesia, misalnya masyarakat Dayak yang artinya “atil ka’ talino, bakuramin ka’ saruka, basengkat ka’ jubata”. Bersikap adil terhadap sesama, pancarkan surga, dan nafas kehidupan berasal dari Sang Pencipta.”

“Dengan inspirasi kearifan lokal, saya mengajak semua pihak untuk terus berkontribusi menjadikan lingkungan hidup sebagai ruang hidup bagi kita dan generasi mendatang untuk tumbuh,” ujar Wamenhub.

Menurut Patria, penggunaan teknologi digital sejalan dengan pembangunan berkelanjutan karena memungkinkan efisiensi energi dan desain sirkular.

Ia juga menyoroti bahwa teknologi digital memungkinkan dekarbonisasi di industri strategis seperti logistik, manufaktur, pertanian, energi, dan konstruksi, sehingga dapat membantu mengurangi emisi CO2 global sebesar 20 persen.

Pejabat tersebut juga berharap bahwa digitalisasi untuk keberlanjutan akan memungkinkan pemerintah berkontribusi dalam mengatasi dampak perubahan iklim dan mendukung kelestarian lingkungan.

Berita terkait: Kementerian menargetkan selesainya Pusat Data Nasional Bekasi pada tahun 2024
Berita terkait: Pusat data nasional untuk meningkatkan efisiensi e-governance: Menteri

READ  Kecurigaan reguler di kebun sawit saat kebakaran hutan melanda Sumatra Beatlands | Berita | Bisnis lingkungan