POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pembangunan IKN dihentikan sementara dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan

Pembangunan IKN dihentikan sementara dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan

JAKARTA (ANTARA) – Pemerintah berencana menghentikan sementara pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang perayaan nasional Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus.

“Seminggu menjelang perayaan HUT Kemerdekaan, kami berencana menghentikan pekerjaan konstruksi kecuali beberapa pekerjaan kecil. Pada 10 Agustus, kegiatan mobilisasi yang menggunakan truk akan dihentikan,” kata Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Dennis Sumathilaka. disebutkan di sini pada hari Sabtu.

Ia mengatakan, selama masa penangguhan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak akan memecat para pekerja bangunan melainkan memberikan mereka kegiatan lain yang bermanfaat.

Sedangkan untuk tenaga administrasi dan pekerja rumah tangga, Sumathilaka menjelaskan, mereka akan tetap bekerja seperti biasa karena penutupan sementara hanya berlangsung selama enam hari hingga berakhirnya hari raya nasional.

“Pekerja indoor akan bekerja seperti biasa. Kami akan adakan kegiatan khusus seperti olah raga dan pelatihan sertifikasi bagi pekerja outdoor agar tetap sibuk. Penangguhan ini hanya enam hari,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Pembangunan Manusia dan Integrasi Kebudayaan Muhadjir Effendi mengatakan Istana Kepresidenan di Nusantara dan Jakarta akan menjadi tuan rumah upacara nasional dalam rangka memperingati HUT RI ke-79.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan memimpin upacara di IKN mendatang. Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto akan mendampingi kepala negara pada upacara tersebut.

Sementara itu, Wakil Presiden Maruf Amin akan memimpin upacara lainnya di Istana Kepresidenan Jakarta bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raqqa.

Presiden Widodo mencatat, keputusan menggelar dua upacara nasional tersebut dilakukan karena adanya peralihan ibu kota yang sedang berlangsung.

Ia mengatakan, Nusantara akan bertindak sebagai tuan rumah tunggal Festival Nasional Hari Kemerdekaan 2025 setelah keluarnya Keputusan Presiden tentang pemindahan ibu kota.

READ  Indonesia sita kapal tanker menyusul larangan ekspor minyak sawit

Berita terkait: BNPB telah menyusun peta risiko banjir 25 tahun untuk Nusantara
Berita terkait: Dana Pembangunan IKN Tak Masalah, Makan Siang Bergizi: Menteri