POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lukisan gua tertua di dunia telah ditemukan di Indonesia

Lukisan gua tertua di dunia telah ditemukan di Indonesia

Sekitar 51.200 tahun yang lalu, di langit-langit gua batu kapur di pulau Sulawesi, Indonesia, sejarah seni tercipta. Seekor babi hutan, dicat dengan pigmen merah kasar, berdiri diam di samping tiga sosok mirip manusia.

Karya seni yang baru ditemukan ini kini dinyatakan sebagai lukisan gua tertua yang diketahui, mengalahkan rekor sebelumnya yang berumur 10.000 tahun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Rabu di jurnal tersebut. Alam.

“Metode ini merupakan kemajuan signifikan dibandingkan metode lain dan harus merevolusi penanggalan seni cadas di seluruh dunia,” kata Maxim Aubert, arkeolog di Griffith University di Australia dan salah satu penulis utama studi tersebut. Reuters.

Artikel terkait

Berdasarkan penelitian, yang dipajang di Gua Liang Karambuang, kawasan Maros-Bangep, Provinsi Sulawesi Selatan, terdapat seekor babi berukuran 36 inci kali 15 inci. Babi digambarkan berdiri tegak di hadapan sekelompok orang. Beberapa gambar kecil babi juga ditemukan di dalam gua dan diberi penanggalan menggunakan laser untuk memperkirakan kristal yang disebut kalsium karbonat, yang terbentuk secara alami pada pigmen tersebut. Selain penemuan masa depan, lukisan merupakan contoh awal penceritaan dalam seni visual.

“Tiga sosok mirip manusia dan sosok babi tidak digambarkan dengan jelas secara terpisah pada bagian terpisah dari panel seni cadas,” kata arkeolog Universitas Griffith Adam Broome, salah satu pemimpin penelitian tersebut, dalam sebuah pernyataan. Namun hubungan antara manusia dan babi masih belum diketahui.

“Dua sosok ini memegang semacam benda, dan satu sosok tampak menghadap wajah babi. Sosok lainnya diposisikan terbalik tepat di atas kepala babi,” kata Broome.

Misteri ini semakin mendalam karena sedikitnya informasi yang diketahui tentang para pelukis gua di Sulawesi, meskipun penanggalan karbon menunjukkan bahwa Homo sapiens pertama melewati wilayah tersebut ketika mereka bermigrasi dari Afrika ke Australia. 65.000 tahun yang lalu.

READ  Sumatera Barat, Indonesia menjadi tuan rumah festival multi-etnis untuk mempromosikan pariwisata

Lukisan Liang Karambuang mendahului lukisan gua terkenal di Eropa, yang tertua ditemukan di El Castillo di Spanyol dan dibuat sekitar 40.800 tahun yang lalu.

“Penemuan seni gua yang sangat kuno di Indonesia ini menunjukkan bahwa Eropa bukanlah tempat kelahiran seni gua, seperti yang diperkirakan selama ini. Hal ini menunjukkan bahwa bercerita adalah bagian yang jauh lebih tua dalam sejarah manusia, dan khususnya sejarah seni, dibandingkan yang diketahui sebelumnya,” kata Broome.