POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pejabat pertahanan mengatakan kerja sama yang luas adalah kunci stabilitas Indo-Pasifik

Pejabat pertahanan mengatakan kerja sama yang luas adalah kunci stabilitas Indo-Pasifik

SINGAPURA, 3 Juni (Reuters) – Kerja sama, termasuk di antara negara-negara di luar kawasan, sangat penting bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik, kata pejabat pertahanan dari Filipina, Inggris, dan Kanada pada Sabtu di KTT keamanan Dialog Shangri-La .

Berbicara pada sesi pleno, mereka menggemakan komentar sebelumnya dari Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, yang menekankan bahwa komunikasi dan kolaborasi, dan bukan hanya kekuatan militer, sangat penting untuk menjaga kawasan tetap aman dan stabil.

“Kanada sangat tertarik untuk membangun kawasan yang stabil, yang seimbang,” kata Anita Anand, Menteri Pertahanan Kanada. Apa artinya Ini berarti Indo-Pasifik tempat aturan dan norma internasional berlaku dan semua aktor terlibat secara bertanggung jawab, Indo-Pasifik tempat perselisihan diselesaikan secara damai, dan pada akhirnya Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif .”

Carlito Galvez Jr., wakil menteri senior dan perwira yang bertanggung jawab di departemen pertahanan Filipina, mengatakan peningkatan daya saing di wilayah tersebut telah meningkatkan kebutuhan untuk menegakkan aturan hukum dan melakukan dialog.

“Seperti pepatah lama, pagar yang baik akan menjadi tetangga yang baik,” kata Galvez. “Hanya ketika tetangga memiliki batasan yang jelas dan menghormati batasan yang ditetapkan, hubungan tetap benar-benar bersahabat.”

Menanggapi pertanyaan dari delegasi militer China apakah kehadiran negara-negara luar di Asia mengganggu daripada konstruktif, Anand berkata: “Kanada akan terus memastikan bahwa kami bekerja pada jalur komunikasi terbuka dan mengakui kebutuhan untuk hidup berdampingan secara bertanggung jawab. .” .”

READ  Hampir 8.000 koin abad pertengahan dan 7 pedang Zaman Perunggu ditemukan di Jerman

Ben Wallace, menteri pertahanan Inggris, mengatakan negaranya akan melanjutkan “kemiringan” Indo-Pasifiknya, dan mencatat bahwa kehadiran NATO di Asia tidak di luar batas mengingat bahwa Rusia “telah cukup agresif di kawasan ini… armada angkatan laut yang besar”.

Menteri Pertahanan Nasional China Li Shangfu minggu ini menolak undangan untuk bertemu Austin di KTT keamanan. Li, seorang jenderal yang telah mendapat sanksi dari AS, menyampaikan pidatonya sendiri pada hari Minggu.

Pada hari Jumat, keduanya berjabat tangan di sisi konferensi tetapi tidak mengadakan pembicaraan terperinci, kata Pentagon.

“Jabat tangan yang ramah saat makan malam bukanlah pengganti untuk pertunangan yang substantif,” kata Austin dalam sambutannya pada Sabtu pagi.

Pelaporan oleh Gerry Doyle; Diedit oleh Raju Gopalakrishnan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.