POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pasar mata uang Asia turun karena saham dolar naik di Indonesia

Pasar mata uang Asia turun karena saham dolar naik di Indonesia

  • Saham Korea Selatan membukukan kenaikan mingguan pertama mereka dalam lima
  • Indonesia bersiap untuk keuntungan minggu kedua
  • Jepang akan mengungkap paket stimulus rekor

(Reuters) – Sebagian besar mata uang Asia yang bullish jatuh pada hari Jumat, dengan won Korea Selatan memajukan kerugian, dengan dolar secara luas datar sementara saham Indonesia mencapai rekor tertinggi setelah negara itu berubah menjadi surplus transaksi berjalan di tengah prospek ekonomi yang cerah.

Won Korea Selatan turun sebanyak 0,4%, dan perdagangan orang dalam ditutup pada level terlemahnya dalam sebulan. Baht Thailand dan dolar Singapura masing-masing melemah 0,1%.

Dolar sedang dalam perjalanan untuk mencatat kenaikan minggu kedua dan menyentuh level tertinggi dalam 16 bulan. Dolar telah meningkat sejak data pekan lalu menunjukkan bahwa inflasi AS pada Oktober mencapai level tertinggi dalam 31 tahun.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke reuters.com

Pasar saham beragam, dengan saham di Singapura (.STI) dan Taiwan masing-masing turun 0,1%, setelah pendapatan mengecewakan dari raksasa e-commerce China Alibaba. <9988.HK> Itu telah menimbulkan kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan di mitra dagang terbesar di kawasan itu. Baca lebih lajut

Saham Filipina (.PSI) turun lebih dari 1% di awal sesi, tetapi berhasil menutup sebagian besar kerugian dan turun 0,3% pada 0742 GMT. Pasar saham mencatat kerugian mingguan pertama dalam tiga.

Kurangnya katalis domestik dan aksi ambil untung menyeret patokan Filipina turun, menurut Ruben Carlo O’Asuncion, kepala ekonom di Union Bank di Filipina.

Pada sisi positifnya, saham Indonesia (.JKSE) naik lebih dari 1% setelah data transaksi berjalan kuartal ketiga menunjukkan surplus $4,5 miliar karena ekspor barang dagangan mendapat dorongan dari harga komoditas yang lebih tinggi. Baca lebih lajut

READ  Standard & Poor's mengatakan konflik COVID di Indonesia meningkatkan risiko kredit

Juga membantu sentimen adalah keputusan Bank Indonesia (BI) pada hari Kamis untuk mempertahankan suku bunga pada rekor rendah dan jaminan bullishnya bahwa kegiatan ekonomi akan pulih pada kuartal keempat dan memasuki 2022.

“Pada tahun 2022, IIB akan tertarik untuk menjaga rupee stabil tahun ini dan mengungguli obligasi, sama seperti Federal Reserve AS mulai mengurangi pembelian asetnya dan memperketat suku bunga,” tulis kepala ekonom DBS Radhika Rao dalam sebuah catatan Kamis.

Rupiah Indonesia adalah salah satu mata uang berkinerja terbaik di Asia untuk tahun 2021, terdepresiasi hanya 1,4% terhadap dolar.

Saham di Jepang (.N225) naik setelah Perdana Menteri Fumio Kishida mengumumkan paket pengeluaran rekor $490 miliar untuk meredam pukulan ekonomi dari pandemi COVID-19. Baca lebih lajut

Saham Korea Selatan (.KS11) membukukan kenaikan mingguan pertama dalam lima, dengan raksasa teknologi Samsung Electronics (005930.KS) dan SK Hynix (000660.KS) mendukung kenaikan.

Pasar India tutup untuk liburan.

Highlight:

** Hasil benchmark 10-tahun Malaysia naik 0,2 basis poin pada 3,579%.

** Imbal hasil benchmark 3 tahun di Indonesia turun 0,8 basis poin menjadi 4,562%

** Keuntungan raksasa teknologi Samsung Electronics (005930.KS) dan SK Hynix (000660.KS) di Korea Selatan

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Arundhati Dutta di Bengaluru; Diedit oleh Shalish Cooper

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.