POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Partai Komunis China yang berkuasa menunjuk kepala hubungan luar negeri yang baru

China menunjuk Liu Jianchao untuk memimpin Departemen Penghubung Internasional CPC, sebuah kementerian tingkat nasional yang bertanggung jawab atas hubungan China dengan Korea Utara dan negara-negara sosialis lainnya.

Surat kabar resmi partai melaporkan Kamis malam bahwa Liu, 58, menggantikan Songtao.

Untuk berita utama terbaru, ikuti saluran Google Berita kami secara online atau melalui aplikasi.

Sebagai juru bicara Departemen Luar Negeri antara tahun 2006 dan 2009, Liu, seorang diplomat karir lulusan Oxford, dipandang oleh beberapa wartawan asing sebagai orang yang terbuka dan ramah.

Setelah dua kali menjabat sebagai duta besar untuk Filipina dan Indonesia, ia kembali ke Beijing dan pada 2015 memimpin kampanye global untuk mencari buronan yang dicari di rumah atas tuduhan korupsi.

Pada tahun 2018, Liu diangkat sebagai wakil direktur Kantor Komite Pusat Urusan Luar Negeri. Komisi tersebut, yang diketuai oleh Presiden Xi Jinping, adalah kelompok pembuat keputusan kebijakan luar negeri paling kuat di China.

Sekarang dia mengepalai kementerian luar negeri de facto partai, yang melakukan diplomasi dengan berinteraksi dengan partai politik di negara lain dan merupakan titik kontak utama bagi negara-negara yang diperintah oleh partai Komunis.

Departemen Komunikasi Internasional terpisah dari Kementerian Luar Negeri China, yang bekerja dengan negara-negara lain di tingkat pemerintahan.

Baca lebih banyak:

China menghukum mati mantan pejabat tinggi dan regulator karena korupsi

Negara-negara meminta misi ILO di China untuk menyelidiki dugaan pelanggaran perburuhan di Xinjiang

China akan melipatgandakan kapasitas angin dan matahari pada tahun 2025

READ  Perusahaan Inggris mengadopsi aturan kantor baru sebagai tanggapan terhadap variabel Omicron