POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para peneliti telah menemukan planet bayi baru di Hawaii

Sebuah tim peneliti internasional yang dipimpin oleh University of Hawaii di Manoa telah menemukan salah satu planet terkecil yang pernah diamati. Hasilnya dipublikasikan di Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society, memperkirakan bahwa planet ini “beberapa kali lebih besar” dari Jupiter.

Planet baru itu ditemukan di “pembibitan bintang” dan terbentuk beberapa juta tahun yang lalu – sekitar waktu yang sama ketika pulau-pulau utama Hawaii muncul dari laut. Para peneliti, yang disebut 2M0437b, pertama kali menemukan planet yang mengorbit bintang bayi yang jauh pada tahun 2018.

Karena 2M0437b sangat kecil, ia masih panas dari energi yang dilepaskan selama pembentukannya – kata para ilmuwan di jumpa pers Suhunya mirip dengan “lava dari gunung berapi Kīlauea.”

/ Kredit: Teleskop Subaru dan Guidos dkk. (2021)

Observatorium Keck di Maunakea digunakan untuk melacak bintang yang mengorbit 2M0437b untuk memastikan bahwa itu sebenarnya sebuah planet untuk bintang itu dan bukan objek yang jauh. Peneliti membutuhkan waktu tiga tahun untuk memastikan sejak bintang bergerak sangat lambat melintasi langit.

2M0437b dan bintang induknya berada di awan Taurus, yang dikenal sebagai “pembibitan” planet-planet, tetapi karena planet ini memiliki orbit yang jauh lebih luas daripada banyak orbit lain di tata suryanya – jaraknya hampir 100 kali lebih jauh dari Matahari daripada Bumi. Dari mataharinya – akan sulit untuk mengamati tanpa teknologi optik adaptif baru.

Penemuan planet ini sangat menarik bagi para astronom karena mudah dilihat dan usianya sangat muda, yang berarti bahwa para ilmuwan akan dapat mengamatinya selama bertahun-tahun dan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana planet-planet, termasuk Bumi, telah berkembang.

“Penemuan kebetulan ini menambah daftar elit planet yang dapat kita amati secara langsung dengan teleskop kita,” kata penulis utama dan profesor UH Mānoa Eric Gaidos.

READ  Para ilmuwan ini telah memetakan setiap stasiun surya utama di planet ini, dengan hasil yang mengesankan

Dokumen Facebook yang bocor menunjukkan frustrasi staf atas tanggapan terhadap serangan 6 Januari

Badai hebat diperkirakan terjadi pada musim gugur di California dan Pacific Northwest

Veteran Militer Mundur dari Dewan Penasihat Senator Kirsten Senema Sebagai Protes