POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para pemimpin G20 bertemu di Zona Euro di Roma pimpinan Mussolini

KTT Ekonomi Terbesar Dunia akan berlangsung di luar pusat kota Roma, di mana turis, bangunan bersejarah, dan jalan-jalan kecil menjadi mimpi buruk bagi keamanan dan akses.

Baca juga: Italia bersiap menjadi tuan rumah KTT G20 di Roma saat krisis iklim menjadi agenda utama

Sebagai gantinya, para pemimpin akan berkumpul di pusat konvensi futuristik yang dikenal sebagai NOVOLA (awan), yang menampilkan struktur gantung di dalam kotak kaca dan besi, di pinggiran selatan dengan jalan-jalan yang mudah dijaga — dan sejarah yang unik.

Foto: Andreas Solaro/AFP

EUR, yang merupakan singkatan dari Esposizione Universale Romana, atau Pameran Universal Roma, dirancang pada 1930-an sebagai pameran arsitektur modern dan sebagai rumah bagi Pameran Universal edisi 1942.

Peristiwa itu, yang seharusnya bertepatan dengan ulang tahun kedua puluh rezim fasis, tidak pernah terjadi karena Perang Dunia Kedua. Konflik juga memaksa para insinyur Mussolini untuk meninggalkan euro setengah jadi.

Terletak di pinggiran selatan Roma, antara pusat bersejarah dan pinggiran pantai Ostia, EUR menampilkan bangunan besar dari marmer putih dan travertine, khas era Fasis dan dimaksudkan untuk memanggil Roma kuno.

Foto udara yang diambil pada 1 Mei 2020 ini menunjukkan zona euro di Roma kosong selama penguncian pandemi. Foto: Filippo Montefort/AFP

Landmark paling terkenal di daerah ini adalah yang disebut Square Colosseum, sebuah kubus putih dengan lengkungan yang awalnya dimaksudkan untuk menampung Istana Peradaban Italia, dan sekarang markas besar rumah mode Italia Fendi.

Di keempat sisinya, bangunan itu memuat prasasti yang diambil dari pidato Mussolini tahun 1935 yang merayakan orang Italia sebagai “bangsa penyair, seniman, pahlawan, santo, pemikir, cendekiawan, navigator, dan emigran.”

READ  Sekilas Berita Kyodo: 13 Juni 2021

NS Istana peradaban kerja Atau “Square Colosseum”, ikon arsitektur fasis di wilayah EUR. Foto: Filippo Montefort/AFP

Propaganda fasis juga ditampilkan di Palazzo Uffici, yang di pintu masuknya terdapat prasasti relief dari sejarah Roma yang dimulai dengan Promulus dan Remus dan diakhiri dengan Mussolini di atas kuda, lengan kanannya terangkat sebagai penghormatan fasis.

Saat ini, EUR adalah kawasan perumahan dan komersial yang menjadi tempat markas besar grup energi ENI dan banyak lembaga publik dan swasta lainnya, serta museum, ruang konser, dan danau buatan yang terkenal di musim panas.

Tetapi pada tahun-tahun pasca perang, kota itu menyerupai kota hantu, di mana bangunan-bangunan yang ditinggalkan ditempati oleh para pengungsi.

Kawasan tersebut selesai dibangun pada 1950-an dan 1960-an setelah pihak berwenang Rumania memutuskan untuk mengubah kawasan tersebut menjadi kawasan bisnis di pinggir kota yang menjadi percontohan Docklands London dan La Defense di Paris.

Orang-orang berjalan di luar Palazzo dei Congressi sebelum KTT Pemimpin Dunia G20 di Zona EUR di Roma. Foto: Tiziana Fabi/AFP

Nuvola, yang baru-baru ini digunakan sebagai pusat vaksinasi virus corona, menambahkan cita rasa arsitektur kontemporer ke lingkungan modernnya ketika dibuka pada 2016, setelah bertahun-tahun tertunda dan pembengkakan biaya.

Para pemimpin politik termasuk Presiden AS Joe Biden tiba di Roma pada hari Jumat untuk KTT G20 – pertemuan langsung pertama sejak pandemi dimulai – sebelum menuju ke Glasgow untuk KTT iklim COP26.