POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Panglima TNI meresmikan latihan militer pertama ASEAN ASEX-01 Natuna

Panglima TNI meresmikan latihan militer pertama ASEAN ASEX-01 Natuna

JAKARTA (ANTARA) – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membuka Latihan Solidaritas ASEAN 2023 Natuna (ASEX-01 N) di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, pada Selasa.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Timor Timur sebagai pengamat. Kegiatan ini merupakan latihan non-tempur pertama yang diikuti seluruh angkatan bersenjata negara anggota ASEAN.

“TNI selaku penggagas latihan ini ingin menegaskan bahwa persatuan antar negara anggota akan terus dijaga. ASEAN harus selalu menjaga kesatuan dan hubungan harmonis satu sama lain di tengah keberagaman,” kata Laksamana Marjono saat membuka pidato.

Seluruh kekuatan militer negara-negara ASEAN diyakini telah sepakat untuk lebih mengintensifkan kerja sama yang mencakup pertukaran pengetahuan, informasi, dan taktik militer.

“Dalam latihan bersama ini, TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara akan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan non-tempur, termasuk kegiatan keamanan maritim, prosedur pencarian dan penyelamatan, program teknik sipil (ENCAP), layanan kesehatan (MEDCAP), dan kegiatan diskusi pakar. (Pertukaran Ahli dalam Topik ini), kualifikasi untuk mendarat di dek, dan pengisian ulang di laut.”

Laksamana menyampaikan harapannya agar peserta latihan bersama ini saling belajar dan meningkatkan profesionalisme dalam bekerja.

Ia menekankan bahwa “kegiatan ini akan meningkatkan dan mempertajam kemampuan kita dalam menjaga perdamaian, kemakmuran dan keamanan di kawasan.”

Berita Terkait: Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menggelar latihan militer gabungan di Laut Natuna Utara

Dalam kesempatan yang sama, beliau juga mengingatkan para peserta untuk mengikuti pedoman dan prosedur keamanan dan keselamatan selama rangkaian latihan bersama.

Sepuluh negara ASEAN yang berpartisipasi dalam ASEX-01 Natuna 2023 adalah Indonesia sebagai pemrakarsa dan tuan rumah, kemudian Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam dan Filipina, sedangkan Timor-Leste bertindak sebagai pengamat. .

READ  Center mencari klarifikasi dari Kerala tentang rekonsiliasi data kematian Covid | Pembaruan COVID | Kematian Covid di Kerala | Virus corona

Hadir pula sejumlah pemimpin negara sahabat, antara lain Panglima Angkatan Darat Malaysia Jenderal Tan Sri Datuk Seri Mohamed bin Abdul Rahman, Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Laksamana Madya Aaron Ping, dan Wakil Kepala Staf Gabungan Kerajaan. Laksamana Angkatan Bersenjata Thailand. Thani Kayokao.

Dalam latihan tersebut, TNI mengerahkan dua kapal perang, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dan KRI Jhon Lie-358. Sementara itu, Angkatan Darat Malaysia mengerahkan kapal patroli KD Trengganu, Brunei Darussalam mengerahkan kapal patroli KDB Darulehsan, dan Singapura mengerahkan kapal perang korvet RSS Vigor.

Kedua kapal tersebut akan berpatroli bersama di Laut Natuna Utara dalam rangkaian latihan bersama pada 18-23 September 2023.

Berita terkait: Menteri menyerukan penguatan kerja sama pertahanan dengan negara-negara ASEAN

Diterjemahkan oleh: Jinta Tenri M., Risenta S
Editor: Yoni Arisande Sinaga
Hak Cipta © Antara 2023