POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Palantir, perusahaan teknologi AS yang melihat semuanya, mungkin akan segera memiliki data jutaan pasien dari NHS. Jawabanku? Astaga! | Arwa Mahdawi

sEtter Thiel memiliki kasus RBF yang mengerikan – wajah seorang miliarder yang tertutup. Saya tidak sengaja bermaksud, hanya menyatakan fakta yang tak terbantahkan bahwa pengusaha teknologi, salah satu pendiri PayPal, tidak memberikan getaran yang sepenuhnya baik. Ada alasan mengapa setiap penyebutan Thiel cenderung diisi dengan kata sifat seperti “rahasia”, “jauh” dan “aroganDia mengembangkan suasana misteri yang merusak.Terlalu mudah untuk membayangkan dia duduk dalam cetakan panopticon futuristik, menyiksa anak kucing dan merencanakan tentang bagaimana menjungkirbalikkan demokrasi.

Sangat mudah untuk membayangkan skenario ini karena (terlepas dari bagian penyiksaan kucing, tentu saja), ini pada dasarnya adalah miliarder berusia 54 tahun yang benar-benar menghabiskan hari-harinya. Thiel paling dikenal sebagai salah satu dermawan terbesar Donald Trump pada tahun 2016; Tahun ini, dia adalah salah satu donatur individu terbesar politik republik. Meskipun tidak biasa bagi seorang miliarder untuk membuang uang ke politisi konservatif, Thiel dikenal karena mengekspresikan penghinaan terhadap demokrasidan mendanai kandidat sayap kanan yang menyebarkan kebohongan berbahaya Trump bahwa pemilu dicuri darinya. Seperti New York Times diperingatkan Dalam profil baru-baru ini: “Kekayaan Theil dapat mempercepat pergeseran pandangan yang dulu dianggap marjinal menjadi arus utama—sambil membuatnya menjadi pialang kekuasaan baru di sebelah kanan.”

Ketika dia tidak memompa uang ke politisi sayap kanan, Thiel sibuk mempercepat negara pengawasan. Pada tahun 2004, pengusaha internet mendirikan perusahaan analisis data bernama Palantir Technologies (setelah “batu visi” yang digunakan dalam The Lord of the Rings), yang didukung oleh cabang modal ventura CIA. Apa yang dilakukan Palantir dengan data adalah semacam misteri, tetapi jari-jarinya ada di banyak hal: Dia bekerja dengan balapan F1, menjual teknologi ke militer, bermitra dengan, dan mengembangkan Angkatan Luar Angkasa Sistem Polisi Prediktif. Dan sementara tidak ada yang yakin seberapa banyak semua yang dilakukan Palantir, konsensus umum tampaknya adalah ia memiliki akses ke sejumlah besar data. sebagai salah satu Bloomberg Letakkan judul di atasnya: “Palantir tahu segalanya tentangmu.”

READ  Rencana untuk kampus teknologi besar-besaran di bekas markas besar Fry bergerak maju di San

Segera Anda mungkin tahu lebih banyak. Waktu keuangan Saya sebutkan baru-baru ini Palantir sedang “mempersiapkan” untuk menjadi sistem operasi data utama untuk NHS. Dalam beberapa bulan terakhir, dia telah merampok dua eksekutif senior NHS, termasuk mantan presiden Kecerdasan buatanIni mencari kontrak lima tahun, £ 360m untuk mengelola data kesehatan pribadi jutaan pasien. Ada kekhawatiran bahwa perusahaan kemudian akan mengakar dalam sistem kesehatan. “Begitu Palantir masuk, bagaimana Anda akan menghapusnya?” Seorang sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Financial Times.

Seberapa khawatir kita tentang semua ini? Nah, menurut salah satu aliran pemikiran, ketakutan akan potensi kemitraan salah tempat. Ada argumen bahwa itu hanya kesepakatan TI yang membosankan yang sedang dikerjakan orang karena mereka tidak menyukai kenyataan bahwa Thiel memberikan banyak uang kepada Trump. Dan agar adil, bahkan jika Anda berpikir Thiel adalah pria menyeramkan dengan keyakinan menyeramkan, penting untuk dicatat bahwa dia bukan satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas Palantir: Perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 oleh Alex Karp, yang masih CEO telah memilih Hillary Clinton dan menggambarkan dirinya sebagai seorang yang progresif (Meskipun mengingat ketertarikannya pada militer, dia tentu memiliki pandangan yang berbeda tentang kemajuan.)

Sementara itu, aliran pemikiran saya diringkas sebagai berikut: Astaga. Siapa pun yang memiliki pengalaman dengan sistem perawatan kesehatan AS yang buruk harus waspada terhadap perusahaan swasta AS yang masuk ke NHS. Apalagi ketika pemerintah Inggris saat ini memprivatisasi neneknya jika harganya tepat. Saya tidak tahu persis apa yang diinginkan Palantir dengan NHS, tetapi saya tahu itu layak untuk ditonton. Dia pasti memperhatikanmu.

Apakah Anda memiliki pendapat tentang masalah yang diangkat dalam artikel ini? Jika Anda ingin mengirimkan surat hingga 300 kata untuk pertimbangan publikasi, kirimkan email kepada kami di [email protected]