POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

5 raksasa teknologi memiliki lebih dari setengah pasar periklanan global

Data: GrupM; Bagan: Simran Parwani / Axios

Lima perusahaan teknologi terbesar di dunia memiliki lebih dari setengah (53%) dari total pendapatan iklan global tahun lalu, naik dari 46% tahun lalu.

mengapa itu penting: Analis menjelaskan dalam perkiraan pengumuman pertengahan tahun terbaru GroupM bahwa faktor ekonomi makro seperti inflasi dan kenaikan upah mempersulit pendatang baru untuk mengganggu pasar periklanan.

  • 25 pengiklan terbesar di dunia sekarang menyumbang 74% dari pengeluaran iklan global, naik dari 68% tahun lalu dan hanya 43% di 2016.
  • Sementara perusahaan China terus meningkatkan pangsa pasar periklanan mereka, mereka sebagian besar berfokus pada perolehan dolar lokal, dengan TikTok menjadi pengecualian.

Gambar besar: Sepuluh tahun yang lalu, sebagian besar dari lima pengiklan teratas berasal dari perusahaan media AS: Google, Viacom, CBS, News Corp, Fox, Comcast, dan Disney.

  • Pada saat itu, mereka hanya menangkap 20% dari pasar periklanan global, menurut laporan itu.
  • Sementara pasar digital telah membuat pasar periklanan dapat diakses oleh kelompok perusahaan yang lebih besar daripada sebelumnya, kue tersebut juga tumbuh secara eksponensial untuk mendukung perusahaan yang sangat besar.

Apa berikutnya: Pasar periklanan global diperkirakan akan tumbuh sebesar 8,4% tahun ini (tidak termasuk iklan politik AS), perkiraan yang sedikit lebih rendah dari perkiraan para ahli untuk tahun 2022.

Ya tapi: Penerbit tidak perlu panik. “Ini perlambatan, bukan penurunan,” kata Brian Wieser, Kepala Global Business Intelligence di GroupM.

  • Resesi seharusnya tidak menjadi alasan utama untuk apa yang diharapkan di sini.”
READ  Ini bisa menjadi puncak ledakan teknologi - inilah yang harus dicari