POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Opini: Peringatan Snap tentang prospek yang lebih lemah mengirimkan gelombang melalui saham teknologi

Peringatan tak terduga tentang ekonomi yang memburuk telah disebarkan oleh CEO Snap Inc.. , Evan Spiegel, melalui saham internet dan media sosial Senin malam, yang dapat menghancurkan upaya kembalinya pasar pada hari sebelumnya.

Setelah pasar ditutup dengan kenaikan kuat pada hari Senin, Spiegel berbicara pada konferensi teknologi JP Morgan, dan perusahaan tersebut menyatakan dalam pengajuan peraturan bahwa pendapatan kuartal kedua akan berada di bawah perkiraan sebelumnya. Pada konferensi tersebut, Spiegel mengatakan ekonomi “pasti memburuk lebih dan lebih cepat” daripada Snap SNAP,
-3,40%
Dia memprediksi ketika dia memberikan ramalannya selama panggilan pendapatan bulan lalu. Dia menambahkan bahwa bapak Snapchat bekerja untuk memperlambat laju perekrutan untuk tahun ini dan sedang mencari cara untuk memotong biaya.

Saham Snap turun lebih dari 30% dalam perdagangan setelah jam kerja, dan saham perusahaan internet dan media sosial lainnya juga turun: Alphabet Inc. Google
+ 2,37%
Turun 3,6%, Facebook Meta Platforms Inc. FB,
+ 1,39%
Turun 7%, Pinterest Inc. PIN,
-1,40%
Turun 12%, Twitter Inc. TWTR,
-1.12%
Itu kehilangan tambahan 3,7%, setelah naik rollercoaster minggu lalu ketika Elon Musk mengklaim kesepakatannya untuk membeli perusahaan itu tertunda.

Spiegel mengatakan Snap, seperti banyak perusahaan lain, telah berurusan dengan masalah rantai pasokan, inflasi, kekhawatiran tentang suku bunga, dan perang di Ukraina. “Ada banyak hal yang harus dihadapi dalam lingkungan makro hari ini, tetapi kami tetap fokus dan benar-benar bekerja dalam jangka panjang dan berinvestasi melaluinya,” katanya.

Komentar Snap mungkin menunjukkan penurunan lebih lanjut di sektor internet, dengan perlambatan keseluruhan dalam periklanan internet karena ekonomi secara keseluruhan melambat. Perlu dicatat bahwa tahun lalu, ketika pengaruh AAPL Apple Inc ,
+ 4,01%
Perubahan privasi telah muncul di platform yang mengandalkan pendapatan iklan, dan ternyata Snap dan Facebook yang paling terpukul oleh perubahan ini.

READ  Pusat teknologi untuk memberdayakan mahasiswa pedesaan yang dimulai oleh alumni

Tapi kali ini, Snap bisa menjadi canary di tambang batu bara untuk sektor internet yang lebih luas, yang telah berada di bawah tekanan berat selama kehancuran teknologi tahun ini sejauh ini. Sedangkan Indeks S&P 500 SPX,
+ 1,86%
Ini turun 17%, dan saham individu turun lebih keras dari tahun ke tahun: Alphabet turun hampir 23%, Meta turun 40%, Pinterest turun hampir 38%, sementara Twitter — secara singkat didukung oleh $44 miliar untuk tawaran Musk Takeover – sekarang turun sekitar 12% tahun ini.

Beberapa raksasa teknologi dalam beberapa pekan terakhir telah berbicara tentang pemotongan pengeluaran dan bahkan beberapa pekerjaan di tengah lingkungan yang berubah. Netflix Inc. NFLX,
+ 0,58%Dan
yang mengalami penurunan pertama dalam pertumbuhan pelanggan sejak awal, memberhentikan 150 karyawan dan memotong biaya; Robinhood Markets Inc. jilbab,
-0,20%
Ini mengurangi 9% dari tenaga kerjanya dan lainnya, seperti Uber Technologies Inc. UBER,
+ 1,84%Dan
Ini memotong biaya dengan cara lain sekarang.

Komentar Snap juga dapat berdampak pada serial TV yang sedang berlangsung mengenai kesepakatan Musk untuk membeli Twitter seharga $54,20 per saham. Musk ingin menunda kesepakatan, karena ia mengklaim jumlah spam/akun Twitter palsu tidak akurat sekitar 5%, dan berpikir itu bisa jauh lebih tinggi. Twitter menjawab bahwa mereka mengharapkan kesepakatan terjadi pada harga yang disepakati saat ini, tetapi pasar jelas tidak mengharapkan kesepakatan, jika ada, akan selesai pada harga saat ini, yang sekarang tampaknya meningkat secara signifikan (saham Twitter ditutup Senin pukul $37,86 per saham). Pemegang saham Twitter diharapkan untuk menyetujui kesepakatan pada hari Rabu pada pertemuan tahunan perusahaan.

Pasar rebound pada hari Senin dari penurunan singkat ke wilayah bearish minggu lalu, tetapi reli ini bisa pendek. Saham teknologi telah meroket selama dua tahun terakhir dari pandemi, tetapi sekarang menjadi salah satu rintangan terbesar di pasar secara keseluruhan. Belum jelas apakah Snap adalah pelopor, tetapi itu bisa menjadi indikasi lain dari berita buruk yang akan datang.

READ  Bagaimana tindakan keras China dapat menguntungkan teknologi India