POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Omicron memaksa negara-negara Asia untuk mengabaikan pembukaan kembali perbatasan

Varian Omicron telah menyebabkan pembukaan kembali Asia yang sebagian besar lambat dengan pemerintah bergegas untuk menerapkan kembali pembatasan perjalanan meskipun jenis baru sudah menyebar di komunitas lokal.

Thailand dan Singapura minggu ini bergabung dengan Jepang dalam menutup perbatasan mereka untuk sebagian besar pelancong asing. Ketiga negara telah melaporkan kasus domestik Varian baru yang sangat portabel, menunjukkan bahwa Omicron akan menyebar bahkan tanpa pendatang baru dari luar negeri.

Soroti pembatasan perjalanan baru-baru ini Garis keras Asia melawan virus Ini mengancam akan menggagalkan pemulihan ekonomi kawasan itu pada 2022.

Jeffrey Haley, kepala analis pasar di Oanda di Jakarta, mengatakan dampak ekonomi Omicron di Asia sejauh ini terbatas karena kurangnya aktivitas perjalanan yang perlu dihentikan. “Satu-satunya hal yang bisa kami syukuri adalah sekarang, bukan beberapa bulan setelah orang lebih terbuka,” katanya.

Pada hari Rabu, Thailand menangguhkan pendaftaran untuk program perjalanan “Test & Go”, yang diluncurkan pada 1 November, yang memungkinkan pengunjung yang divaksinasi penuh untuk memasuki negara itu tanpa dikarantina jika mereka dites negatif untuk Covid-19.

Pemerintah Thailand juga telah menangguhkan pendaftaran untukbak pasir“Rencana perjalanan bebas karantina telah dibuka di lokasi wisata tertentu di seluruh negeri, selain dari program utama di Pulau Phuket, yang diluncurkan pada 1 Juli.

Bangkok mengatakan masih akan mengizinkan sekitar 200.000 orang yang telah mendaftar atau telah disetujui perencana untuk masuk, dan mengatakan akan mempertimbangkan kembali prosedur setelah 4 Januari.

Polisi berpatroli di area check-in kosong di Bandara Narita di Jepang © Toru Hanai / Bloomberg

Namun, penutupan sementara merupakan kemunduran bagi pembukaan kembali industri pariwisata Thailand, yang telah runtuh selama pandemi setelah negara itu menutup perbatasannya untuk sebagian besar pengunjung asing dan memberlakukan persyaratan karantina mulai April 2020.

READ  Studi tersebut mengatakan bahwa respon imun dapat ditingkatkan dengan menggabungkan vaksin AstraZeneca dan Pfizer

Singapura mengatakan akan menangguhkan penjualan tiket untuk pelancong yang divaksinasi penuh yang ingin berkunjung dari sekitar dua lusin negara yang tercakup dalam skema Koridor Perjalanan Bervaksinasi atau VTL, yang mencakup AS, Inggris, dan Jerman.

Kementerian kesehatan negara itu mengatakan bahwa tidak ada tiket baru yang akan dikeluarkan untuk orang-orang yang datang dari negara-negara ini mulai 23 Desember hingga 20 Januari, dan bahwa Singapura untuk sementara akan mengurangi jumlah tiket yang dijual di bawah skema tersebut setelah 20 Januari.

Seperti Thailand, Singapura mengatakan akan mengizinkan penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat yang dipesan dalam skema tersebut sebelum 22 Desember, asalkan mereka memenuhi semua persyaratan VTL.

Di Jepang, kota Osaka melaporkan kasus omicron pertama yang diketahui di negara itu yang tidak terkait dengan perjalanan ke luar negeri. “Karena virus ini tidak diketahui, kita harus membuang semua sumber daya kita,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida. “Dalam krisis, lebih baik melakukan terlalu banyak daripada melakukan terlalu sedikit di belakang.”

Selandia Baru dan Hong Kong, yang telah meminimalkan Covid-19 melalui beberapa pembatasan perbatasan paling ketat di dunia, belum melaporkan transmisi lokal Omicron. Dan keduanya memperketat kontrol mereka di perbatasan.

Pemerintah Selandia Baru telah menunda pembukaan kembali perbatasan secara bertahap, menunda rencana perjalanan bebas karantina dengan Australia dari 16 Januari hingga akhir Februari. Itu juga memperpanjang karantina warga yang masuk dari tujuh menjadi 10 hari dan mengurangi jendela pengujian Covid-19 pra-penerbangan dari 72 jam menjadi 48 jam.

READ  China memilih Australia setelah kesepakatan AUKUS, mengatakan Canberra 'target potensial untuk serangan nuklir'

Chris Hepkins, menteri yang bertanggung jawab atas tanggapan COVID Selandia Baru, mengatakan membuka kembali perbatasan terlalu berisiko. “Tugas langsung kami sekarang adalah memperlambat mereka dan menunda masuknya mereka ke dalam masyarakat Selandia Baru selama mungkin,” katanya.

Hong Kong mencatat tujuh kasus baru Omicron pada hari Rabu, sehingga jumlah total kasus yang dikonfirmasi dari varian yang sangat menular menjadi 34. Meskipun semua kasus diimpor, sebagian besar terdeteksi selama isolasi, otoritas kesehatan setempat meningkatkan upaya pengujian virus dan memperketat aturan karantina. .sehat.

Wilayah China telah melarang masuknya non-penduduk dari lebih dari 90 negara sementara penduduk harus menjalani karantina selama tiga minggu.

Penduduk Hong Kong yang datang dari Inggris dan Amerika Serikat, bersama dengan 12 negara Afrika dalam daftar “berisiko tertinggi”, harus menghabiskan empat hari pertama setelah tiba di kantor pusat pemerintah. Kamp Karantina Pennys Bay. Mereka kemudian harus menghabiskan 17 hari isolasi di hotel yang ditunjuk.