POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Neil Doan: Teknologi, teknologi di mana-mana – tapi bukan keripik untuk dimakan

Neil Doan adalah mantan CEO divisi informasi dan strategi global Allianz Global Investors. Menulis khusus untuk Citywire, dia memanfaatkan pengalamannya selama bertahun-tahun untuk menganalisis kebangkitan investasi tematik dan tren fundamental yang ada di baliknya. Untuk kolom lainnya, silakan klik di sini.

Tampaknya fitur-fitur tersebut harus memiliki “teknologi” di dalamnya agar dapat menarik perhatian dan antusias para investor. Teknologi dalam model bisnis membenarkan penilaian tinggi dan ekspektasi pertumbuhan, apakah itu model arbitrase bisnis seperti Uber atau model arbitrase modal seperti WeWork.

Penting juga untuk mempromosikan produk yang diinginkan konsumen daripada benar-benar dibutuhkan dan dihargai. Saya pikir sudah waktunya bagi kita untuk menyadari bahwa memanfaatkan data besar, media sosial, internet, dan kecerdasan buatan oleh perusahaan sekarang sudah menjadi standar dan menyerupai gangguan sebelumnya terhadap listrik, kereta api, mobil, dan komunikasi.

Beberapa dari masalah yang paling kuat adalah yang akan didorong oleh kebutuhan dasar yang nyata dan pilihan masyarakat, dan yang akan memandu dan memanfaatkan kebijakan politik dan ekonomi. Semua tema ini berpusat di seluruh planet, dengan fokus yang jelas pada perubahan iklim, dekarbonisasi, dan peningkatan keberlanjutan pangan dan air bagi hampir delapan miliar orang.

Tak pelak lagi, topik global yang begitu luas akan mendapatkan eksposur ke bidang inovasi baru yang akan mencakup banyak aspek dari apa yang disebut “teknologi”. Berinvestasi dalam upaya mitigasi lingkungan dan perubahan iklim dapat menemukan peluang dalam sumber energi bersih, seperti angin, matahari, dan hidrogen, bersama dengan teknologi baterai baru dan jaringan transportasi.

Penting juga untuk memahami skala dan skala infrastruktur global saat ini yang telah kita bangun selama seabad terakhir yang sering kita anggap remeh. Banyak yang perlu direnovasi atau dibangun kembali, karena Perkumpulan Insinyur Sipil Amerika memperkirakan bahwa Amerika Serikat sendiri perlu menghabiskan lebih dari $ 5 triliun untuk memodernisasi dirinya sendiri.

READ  Perkelahian bisbol kawanan di seri 'kekalahan perdana dari tempat ke-14 di LA Tech

Berpikir Lebih Besar

Menghadapi perubahan iklim dan segala kerumitannya, akan membutuhkan komitmen dan solusi global. Konferensi episodik seperti Paris pada 2016, dan Glasgow tahun ini harus memberikan kemajuan dan struktur konkret untuk implementasi.

Harapan tentang seberapa cepat solusi ini akan diterapkan juga harus dikelola dengan hati-hati karena kemajuannya cenderung lambat dan bertahap. Bisnis dan investor juga hanya akan terikat oleh investasi dan modal yang serius dengan aturan dan kewajiban yang jelas.

Sangat mudah untuk menetapkan target utama untuk tantangan-tantangan penting ini tetapi, seperti biasa, iblis akan memperhatikan detailnya dan wortel serta tongkat akan digunakan. Saya pikir kebanyakan orang lebih suka melihat kekuatan konsumen dan pasar digunakan untuk mengubah perilaku, seperti penetapan harga pasar kredit karbon, daripada kebijakan kebijakan yang ditetapkan.

Akibatnya, investor harus mengharapkan berbagai peraturan dan pendekatan dari masing-masing negara selama beberapa tahun ke depan, yang dapat mengurangi kemajuan global yang sebenarnya, seperti yang telah kita lihat dalam beragam tanggapan terhadap Covid pada tahun 2020-2021.

Politisi juga memiliki tugas yang tidak menyenangkan untuk memprioritaskan tantangan Bumi, baik itu lingkungan, pertanian, air, atau energi bersih. Masalah kompleks gaya Gordian ini menjadi sangat rumit karena masalah domestik yang dihadapi setiap politisi dan kebutuhan untuk dipilih kembali.

Memang, politik domestik memiliki jalur penyebab yang jelas terhadap tantangan regional atau global. Ethiopia, misalnya, ingin memblokir lebih banyak perairan Nil dalam Proyek Renaisans Ethiopia yang utama.

Ini akan mengurangi aliran air ke Sudan dan Mesir, dengan konsekuensi yang mengerikan bagi kebutuhan pertanian, energi dan sosial mereka. Orang Etiopia akan membawa lebih banyak tenaga dan peluang pertanian yang lebih besar, tetapi berapa kerugian yang ditanggung orang lain?

READ  Adani Enterprises, Dixon Tech, 11 perusahaan lainnya yang memperoleh lahan industri di Noida

Selain itu, banyak dari topik geosentris ini akan membutuhkan upaya besar-besaran dalam industri konstruksi. Penambangan agregat bisa sangat mengganggu dan mengganggu masyarakat lokal, di mana Anda tidak dapat mengangkut batu berat dalam jarak jauh, dan di mana industri semen menghabiskan energi bahan bakar fosil dalam jumlah besar.

Dengan setiap proyek lokal yang memengaruhi keseimbangan antara lingkungan dan ekonomi secara global, akan sulit bagi siapa pun untuk mengetahui apakah kami benar-benar membuat kemajuan nyata. Investor akan sulit melacak kinerja investasinya juga, karena pengungkapan perusahaan masih kurang memadai, kompak, dan buram.

Faktanya, yang terakhir “Konspirasi” Di Netflix, artikel ini menyoroti banyak masalah yang harus dihadapi investor terkait konsumsi makanan laut. Tidak hanya menantang perilaku dan metode aktual yang digunakan oleh perusahaan perikanan dan budidaya ikan, tetapi juga menantang lemahnya pengawasan dari banyak LSM dan pemerintah, yang telah diberdayakan untuk mewakili kepentingan konsumen.

Akan sulit bagi investor untuk melacak kinerja. Ini juga menyoroti kesulitan saat ini dalam mengelola laut dan samudra dan sikap yang berbeda terhadap keberlanjutan.

Dengan popularitas investasi di ESG yang berkembang pesat di seluruh dunia, film dokumenter ini menunjukkan bahwa ada perjalanan besar ke depan untuk mengubah praktik bisnis dan menginformasikan kredibilitas produk kepada konsumen.

Sama seperti dalam industri manajemen aset saat ini di mana banyak yang sekarang terburu-buru untuk mencuci uang mereka, sejauh ini banyak perusahaan yang membersihkan aktivitas mereka dengan sedikit perubahan jujur.

Bank sentral juga memasuki arena ini dengan antusiasme yang aneh untuk mempromosikan pasar obligasi hijau bagi pemerintah dan perusahaan. Saya bilang aneh karena menurut saya peran bank sentral bukan untuk mengatasi ketimpangan atau perubahan iklim.

READ  CO Tech Group memprediksi pertumbuhan pekerjaan dari New Climate Target / Federal Public News Service

Dengan memastikan jenis penerbitan obligasi tertentu melalui kebijakan pelonggaran kuantitatif mereka, bank sentral dapat melakukan intervensi dalam alokasi pasar risiko dan modal, dan, tanpa sepengetahuan mereka, mendorong investasi dan perilaku yang lebih boros.

Kekuatan konsumen berperan

Saya percaya bahwa konsumen, yang menyumbang lebih dari 50% ekonomi, sekarang memiliki peluang untuk mempengaruhi perubahan radikal dalam perilaku perusahaan dengan lebih menyukai produk lokal yang lebih berkelanjutan dan memaksa perubahan produk besar melalui pengungkapan informasi, dengan dukungan pengecer makanan dan toko lain.

Produsen sudah menghadapi kenaikan biaya penggunaan energi hijau dan berkurangnya peluang untuk berproduksi di luar negeri. Perusahaan pembiayaan sekarang berada di bawah tekanan untuk menyelaraskan pinjaman dan investasi mereka dari bahan bakar fosil menuju sumber energi yang lebih berkelanjutan.

Banyak dari perubahan ini akan didukung oleh kemunculan generasi milenial dalam dekade mendatang sebagai pemilih utama, konsumen, dan pembayar pajak.

Dengan demikian, kompleksitas dan saling ketergantungan dari masalah dan solusi ini harus membutuhkan ekspektasi yang sederhana dari laju perubahan tetapi tidak meremehkan peningkatan besar dalam investasi dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat perubahan.

Ketika penilaian pasar dan ekspektasi investor diperhitungkan, topik yang paling penting dan relevan dapat menjadi topik yang tidak menyediakan lebih banyak lagi perkembangan teknologi yang tidak perlu di mana-mana tetapi berusaha untuk mengatasi ketersediaan air dan perawatan kesehatan, mengurangi bahan bakar plastik dan fosil, dan lebih banyak chip untuk memberi makan dunia .