POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

NASA menunda peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb setelah kecelakaan “mendadak” Teleskop Luar Angkasa James Webb

Teleskop Luar Angkasa James Webb senilai $10 miliar (£ 7,5 miliar) diluncurkan tertunda lagi, setelah insiden selama persiapan akhir untuk menempatkan teleskop di atas kendaraan peluncurannya.

Pesawat ruang angkasa itu dijadwalkan akan dikirim ke orbit pada 18 Desember, tetapi sekarang tidak akan diluncurkan sebelumnya 22 Desember.

NS teleskop luar angkasa Itu terletak di European Spaceport di Kourou, Guyana Prancis, di mana ia akan diluncurkan menggunakan roket Ariane 5 yang disediakan oleh European Space Agency (ESA). Proyek ini merupakan kemitraan internasional antara NASA, Badan Antariksa Kanada, dan Badan Antariksa Kanada.

Kecelakaan itu terjadi saat teknisi sedang bersiap untuk memasang Webb ke adaptor kendaraan peluncuran, yang kemudian akan digunakan untuk memasang teleskop ke bagian atas roket. Menurut NASA, “rilis yang tiba-tiba dan tidak direncanakan dari a penjepit pitaTerjadi. Bilah pemasangan menempelkan pesawat ruang angkasa ke adaptor peluncuran dan kemudian diluncurkan ke orbit, memungkinkan pesawat ruang angkasa terpisah dari roket. Peluncuran yang tidak direncanakan ini menyebabkan getaran yang ditransmisikan melalui teleskop.

Untuk memastikan bahwa pesawat luar angkasa masih dalam kondisi sempurna, NASA Dia mengadakan dewan anomali untuk menyelidiki dan melakukan tes tambahan pada pesawat ruang angkasa untuk memastikan tidak ada yang rusak. Setelah ini selesai, dengan asumsi tidak ada kerusakan yang terjadi, persiapan peluncuran akan dilanjutkan.

READ  Penelitian menunjukkan bahwa osilasi bulan akan mengintensifkan banjir di sepanjang pantai Amerika Serikat pada pertengahan 2030-an.