POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

NASA mengatakan keselarasan tersebut tidak akan terlihat pada 3 Juni

NASA mengatakan keselarasan tersebut tidak akan terlihat pada 3 Juni


Jika Anda ingin menyaksikan pertunjukan planet, para ahli mengatakan akhir bulan ini mungkin merupakan waktu terbaik untuk melihat pertunjukan langit yang sebenarnya.

Orang yang berharap melihat mempesona Parade planet Senin, 3 Juni mungkin akan kecewa dengan apa yang mereka lihat di langit. Sebaliknya, para ahli mengatakan mereka harus mengendalikan ekspektasi mereka dan menunggu hingga akhir bulan untuk melihat kesejajaran planet-planet.

Dua bulan terakhir ini merupakan tahun yang penting bagi para astronom. Pertama, gerhana matahari di bulan April, lalu penampakan cahaya utara yang langka di bulan Mei, dan kini penampakan planet akan muncul pertama kali pada tahun 2024.

Pengamat bintang seharusnya dapat melihat enam planet – Jupiter, Merkurius, Uranus, Mars, Neptunus, dan Saturnus – berbaris.

Namun, para ahli dari NASA dan astronom tanpa batas sepakat bahwa ini bukan waktu terbaik untuk menyaksikan tampilan planet. Pasalnya, Uranus, Merkurius, dan Jupiter akan tertelan sinar matahari dan terlalu dekat dengan cakrawala untuk terlihat.

Cahaya utara: Cahaya utara di AS lebih redup dibandingkan dengan 'terakhir kali alam muncul': apa yang perlu diketahui

Para ahli mengatakan untuk bersabar: Planet ini akan menjadi jauh lebih luas pada bulan Juni nanti

“Bagi saya, hal yang paling dekat dengan parade planet adalah tanggal 29 Juni, ketika Anda melihat Saturnus dan Bulan pada kuartal ketiga dan Mars serta Jupiter berbaris melintasi langit saat fajar,” kata Preston Dechess, spesialis keterlibatan publik di Jet NASA. Maskapai penerbangan. Propulsion Lab memberi tahu USA TODAY. Deitches memiliki latar belakang astronomi dan menjadi pembawa acara NASA.ada apaserial video bulanan yang menggambarkan apa yang terjadi di langit malam.

READ  Planet Puffy Kehilangan Atmosfer & Menjadi Bumi Super

Ketika datang ke parade planet pada tanggal 3 Juni, hampir mustahil untuk melihat semua planet dengan mata telanjang, kata Andrew Fazekas, direktur komunikasi Astronomers Without Borders.

Baik Fazekas maupun Deches sepakat bahwa lebih baik melihat tampilan planet pada tanggal 29 Juni.

Pada tanggal 3 Juni, Jupiter, Merkurius, dan Uranus akan “sangat dekat dengan Matahari,” kata Fazekas. Oleh karena itu, akan sulit untuk melihat ketiga planet tersebut.

Jadi, orang yang memutuskan untuk bangun sebelum matahari terbit pada Senin pagi hanya untuk melihat sekilas fenomena langit ini mungkin akan kecewa.

Dalam hal ini, hal-hal baik akan datang kepada mereka yang menunggu. Menunggu hingga akhir bulan akan memberikan kesempatan lebih baik bagi para pengamat bintang untuk melihat planet-planet tersebut.

“Jika Anda bersabar dan menunggu hingga akhir bulan, planet-planet ini akan menjauh dari matahari dan berada di langit pagi hari. Jadi, Anda akan memiliki peluang lebih mudah untuk memilih planet-planet tersebut,” kata Fazekas kepada USA. HARI INI. mereka di surga.

Orang-orang tidak hanya akan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang parade planet ini jika mereka menunggu hingga tanggal 29 Juni, namun mereka juga akan dapat melihat bintang dari Jumat malam hingga Sabtu pagi, daripada harus melihatnya selama minggu kerja seperti biasanya. Senin pagi ini.

Ia memainkan

Lihatlah “parade planet” di langit

Pada tanggal 3 Juni dan 28 Agustus, para pengamat langit akan dapat melihat keselarasan enam planet di langit fajar.

Kegembiraan gerhana matahari dan cahaya utara menciptakan kehebohan untuk memamerkan planet ini

Orang-orang berharap melihat sesuatu yang menakjubkan pada pagi hari tanggal 3 Juni, kata Fazekas. Namun dia khawatir ramalan cuaca yang dibuat oleh dua peristiwa langit yang sangat populer, gerhana matahari dan cahaya utara, serta kegembiraan di media sosial, dapat sedikit meningkatkan ekspektasi masyarakat dan menyebabkan pengalaman yang tidak menyenangkan.

READ  NASA dan Jepang meluncurkan satelit kayu pertama di dunia berita Dunia

Dia menambahkan bahwa dia khawatir bahwa satu eksperimen buruk yang dihebohkan secara online dapat mencuri antusiasme masyarakat terhadap astronomi.

“Kekhawatiran saya adalah kita membuat orang kecewa, dan kemudian mereka tidak mau melakukannya lagi,” kata Fazekas.

Menurut Fazekas, dia belum pernah melihat begitu banyak orang yang tertarik mengamati langit, dan dia tidak ingin kegembiraan itu berakhir.

Apa yang bisa Anda lihat?

Menurut program bernama SkySafari Pro, Anda akan dapat melihat hal berikut selama tampilan konstelasi 29 Juni:

  • Jupiter, yang paling dekat dengan cakrawala
  • Uranus
  • Mars
  • bulan
  • Neptunus
  • Saturnus

Apa itu parade planet?

Pada dasarnya, hal ini terjadi ketika planet-planet membentuk garis lurus dan tampak berbaris melintasi langit malam dan membentuk semacam pertunjukan luar angkasa.

Juga dikenal sebagai keselarasan planet utama Delaware Daringbagian dari Jaringan USA TODAY.

Peralatan apa yang Anda perlukan untuk menyaksikan parade planet?

Menurut Fazekas, Anda masih membutuhkan teropong dan teleskop untuk melihat beberapa planet.

“Neptunus adalah planet yang membutuhkan teropong kuat atau teleskop kecil untuk bisa melihatnya,” kata Fazekas. “Dan menemukannya juga tidak mudah.”

Orang yang melihat bintang pada hari Jumat, 28 Juni, akan dapat melihat Neptunus tepat di sebelah bulan. Pada tanggal 29 Juni, ia akan berada jauh dari Bulan dan malah berada di atasnya.

Aplikasi seperti Skyview di App Store Apple dapat mengubah ponsel manusia menjadi alat yang membantu mereka mengidentifikasi benda langit di langit malam.

Di mana Anda bisa melihat parade planet?

Menurut Fazekas, manusia perlu melakukan hal berikut untuk bisa melihat prosesi planet ini:

  • Bangun pagi, sebelum matahari terbit.
  • Temukan tempat cerah yang menghadap ke langit timur atau tenggara.
  • Siapkan teropong atau teleskop Anda untuk melihat planet yang tidak terlihat dengan mata telanjang.
READ  SpaceX sekarang bertujuan untuk meluncurkan satelit pengamatan Bumi untuk Italia pada hari Jumat (ya, Anda dapat menontonnya secara langsung)