POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Musisi di Festival Terompet Serbia bermain meskipun ada pandemi

Festival ini sekarang menjadi acara musik tradisional paling meriah di Serbia, tetapi dibatalkan pada tahun 2020 karena pandemi

Suara terompet memenuhi udara ketika ribuan orang memadati sebuah kota kecil Serbia Jumat malam untuk Festival Band Kuningan Goka tahunan ke-60, dan pengunjung tidak terhalang oleh kebangkitan kasus virus corona di negara itu.

Diluncurkan pada tahun 1961 ketika hanya empat band yang bersaing untuk Piala Terompet Emas dan hanya dihadiri oleh 2.500 pengunjung, festival ini sekarang menjadi acara musik tradisional paling semarak di Serbia, tetapi, seperti banyak acara di seluruh dunia, dibatalkan pada tahun 2020 di tengah pandemi global. .

Tahun ini, pengunjung harus menunjukkan sertifikat vaksinasi atau tes COVID-19 negatif jika ingin memasuki Juca, sebuah kota kecil di perbukitan barat daya Serbia.

“Ini seperti ini di mana-mana di dunia dan kami harus belajar untuk hidup dengannya. Kami tidak bisa menghentikan musik, kami tidak bisa berhenti hidup,” kata Horscu, seorang pengunjung dari Kuba kepada Reuters.

Band kuningan memiliki tradisi panjang di Serbia sejak dekrit kerajaan mendirikan band militer pada tahun 1831, dan kelompok musisi menghadiri acara mulai dari kelahiran, pernikahan, hingga pemakaman.

Lebih dari 15 juta pengunjung telah tiba di Juca selama sejarah festival, dan penyelenggara serta otoritas lokal berharap bahwa meskipun ada pembatasan kesehatan, penjualan tiket, suvenir dan pajak serta biaya yang dibayarkan oleh pemilik restoran dapat membantu pemulihan ekonomi lokal.

“Banyak orang dilarang datang karena tidak semua dari mereka dapat mengikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melindungi diri dari COVID-19,” kata Jovan Kovacivic, direktur pusat budaya di Jukka.

Serbia telah melihat peningkatan tajam dalam infeksi COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir, didorong oleh penyebaran tipe delta yang sangat menular, sebagian besar pada yang tidak divaksinasi.

READ  Vikas Gupta positif terkena virus corona

Negara, dengan populasi sekitar 7 juta, telah mencatat 730.222 kasus virus corona sejak awal epidemi, dengan 7.158 kematian. Sekitar 50% dari populasi telah divaksinasi lengkap.