POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

MotoGP Mandalika 2023; Ashita menawarkan paket wisata eksklusif

Tempo.co, JakartaWakil Presiden Association of Tourism and Travel Agencies (ACITA) Budijantho Artiansja mengatakan, sektor pariwisata khususnya di Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mempersiapkan banyak hal untuk menyambut Moto Grand Pix atau MotoGP 2023 di Mandalika, Lombok Tengah. Diselenggarakan pada tanggal 13-15 Oktober 2023.

Akomodasi, transportasi, restoran dan lain-lain, ujarnya kepada Tempo, Jumat, 6 Oktober 2023.

Pelaku industri juga akan menawarkan paket wisata eksklusif sebagai bagian dari strategi mereka untuk menarik pengunjung ke ajang balap motor internasional tersebut. Namun Butijanto tidak merinci paket apa yang dimaksud. “Kami berharap ini akan menjadi publisitas yang baik juga,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanosotipio memperkirakan ajang balap ini bisa mendatangkan total pendapatan sebesar 4,5 triliun. “Sejak event tahun lalu, kami membukukan Rp 4,5 triliun. Kami berharap tahun ini setidaknya sama atau bahkan lebih,” ujarnya saat jumpa pers MotoGP Mandalika 2023 pada 3 Oktober 2023 di kantor Injurni Gedung Sarina, Jakarta.

Angela mengatakan ajang MotoGP akan membantu negara mencapai target pariwisata sebesar 8,5 juta wisatawan asing dan 1,4 miliar wisatawan domestik. Selain itu akan diadakan sebagai destinasi wisata prioritas untuk membantu memperkenalkan Indonesia khususnya Lombok NTP kepada dunia.

“Manfaat ekonomi secara langsung bisa kita rasakan. Manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Angela.

MOH KHORY ALFARIZI | Ahmad Riad

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Rujiamo: 'burger' China berusia 2.200 tahun - BBC Travel