POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Modernisasi Angkatan Laut Tiongkok dijadwalkan pada tahun 2023

Modernisasi Angkatan Laut Tiongkok dijadwalkan pada tahun 2023

Memasuki tahun baru, pada artikel kali ini kami akan mengulas aspek terpenting terkait modernisasi angkatan laut Tiongkok pada tahun 2023.

Fregat baru

Fregat 054B Generasi Berikutnya pertama Hudong. Sumber: situs media sosial Tiongkok.

Tahun dimulai dengan janji di bulan Januari. Lambung lengkap pertama untuk fregat generasi berikutnya Tipe 054B Ditampilkan dalam foto dari Hudong di Shanghai. Dengan desain yang benar-benar baru, Type 054B lebih mungkin berhasil dibandingkan fregat Type 054A yang telah dicoba dan diuji. Pendahulunya menikmati produksi 40 sasis. Beberapa unit terakhir dari lini produksi terbaru juga bergabung dengan armada pada tahun 2023. Gambar tambahan mengonfirmasi bahwa Type 054B juga sedang dibangun di Huangpu. Kedua arena tersebut telah meluncurkan desain mereka sendiri, Debut di Shanghai pada 26 Agustus, dan kemudian di Guangzhou pada tanggal 30 Oktober. Sejauh ini tidak ada bangunan lain yang terlihat sedang dibangun. PLAN mungkin ingin menunggu pengujian dan evaluasi struktur awal tersebut sebelum melanjutkan penerapan lebih lanjut.

Sementara itu, kapal perusak seri 052D telah dicoba dan diuji Konstruksi juga terus berlanjut, baik di Galangan Kapal Dalian di Dalian atau di Jiangnan di Shanghai. Pada bulan Desember, Dalian telah meluncurkan tiga dari lima kapal perusak yang sedang dibangun ke dalam satu dok kering. Jiangnan telah meluncurkan dua atau mungkin tiga 052D dan masih memiliki setidaknya satu badan pesawat lagi yang sedang dirakit. Pada titik ini, masih belum pasti berapa populasi akhir spesies tersebut. Pembangunan lebih banyak kapal perusak Tipe 055 mungkin berperan dalam perhitungan ini. Namun, kemajuan dalam pembangunan kapal perusak besar setelah pembangunan awal delapan kapal tampaknya melambat. Berdasarkan gambar Satu DDG Tipe 055 juga sedang dibangun di Jiangnan. Kemungkinan juga ada bangunan lain yang sedang dibangun di Dalian, Di alun-alun Daguşanmeskipun gambar sumber terbuka masih belum meyakinkan.

READ  Amerika Serikat bersiap untuk mendesak Organisasi Maritim Internasional untuk secara dramatis mempercepat dekarbonisasi perkapalan K&L Gates LLP

Kapal induk Fujian Persiapan untuk uji coba pertama dimulai

Kapal induk Tiongkok Fujian ditarik kembali ke dok kering pada Desember 2023. Sumber: media sosial Tiongkok.

Mengenai kemampuan kapal induk dan amfibi, salah satu dari dua berita utama modernisasi Angkatan Laut Tiongkok pada tahun 2023, seperti yang diperkirakan, adalah kapal induk ketiga. Fujian. Pesawat pertama di kelasnya, yang dilengkapi ketapel elektromagnetik untuk lepas landas dan mendarat konvensional (CATOBAR) untuk pesawat tempur sayap tetap, melanjutkan pemasangannya di Jiangnan di Shanghai. Yang terpenting di bulan November Fujian Ini dimulai dengan uji beban mati pertama. Langkah ini menegaskan kemajuan yang stabil dalam penyelenggaraan uji coba laut pertama yang diharapkan terjadi pada tahun 2024. Selama beberapa hari terakhir bulan Desember, kapal tunda menarik kapal tanker tersebut kembali ke dok kering. Alasan tindakan ini masih belum diketahui. Namun, masuk akal jika struktur tersebut harus dibersihkan dan diperiksa secara menyeluruh Fujian Untuk uji coba laut tahun depan.

Peristiwa besar kedua adalah Konstruksi cepat Tipe IV 075 Kapal serbu amfibi di Hudong, Shanghai. Menariknya, kapal tersebut berhasil tetap tidak menjadi perhatian publik hingga kemajuan signifikan telah dicapai dalam perakitan lambungnya sekitar Juli 2023. Sejak saat itu, dibutuhkan waktu enam bulan lagi bagi Hudong untuk meluncurkan kapalnya pada 14 Desember. Masih harus dilihat apakah akan ada lebih banyak kapal induk Tipe 075 yang menyusul. Alternatifnya, konstruksi dapat beralih ke kapal induk amfibi Tipe 076. Desain baru ini seharusnya dilengkapi dengan sistem peluncuran ketapel mini untuk meningkatkan operasi drone. Fasilitas galangan kapal baru Hudong di Pulau Changxing, sebelah Jiangnan, mulai beroperasi selama beberapa bulan terakhir tahun 2023, dan akan menjadi aset penting untuk pembangunan angkatan laut lebih lanjut.

READ  Jutaan peziarah sangat ingin menyaksikan budaya penyambutan tradisional Saudi

baru Zuber Hovercraft amfibi besar milik PLAN

Salah satu upaya amfibi yang paling menarik selama setahun terakhir adalah pembaruan pembangunan kapal bantalan udara kelas Zubr yang besar untuk PLAN. Tiongkok pertama kali membeli dua pesawat Zubr dari Ukraina pada tahun 2014. Sekitar tahun 2018, PLAN menerima dua lagi hovercraft besar yang dirakit secara lokal dengan komponen impor. Sejak itu tidak ada bangunan lain yang dibangun, kemungkinan besar akibat perang antara Rusia dan Ukraina. Namun pada Mei lalu Juli 2023, dua pesawat Zubr baru diluncurkan Dia muncul di foto media sosial, yang menampilkan sedikit perbedaan pada perlengkapan yang dipasang dan nomor seri yang berbeda. Perkembangan ini menunjukkan bahwa upaya baru untuk menghasilkan lebih banyak struktur bagi PLAN kini sedang dilakukan.

Korvet Misterius

Pesawat kombatan permukaan seukuran korvet eksperimental baru di Liaonan. Sumber: situs media sosial Tiongkok.

Pengungkapan mengejutkan lainnya adalah kemunculan… Corvette baru yang menarik Di Galangan Kapal Liaonan. Fasilitas yang lebih kecil ini terletak di sebelah Pangkalan Angkatan Laut Lushun di Provinsi Liaoning, di selatan Dalian. Gambar selanjutnya di media sosial menunjukkan bahwa ini adalah desain eksperimental untuk berbagai teknologi baru. Oleh karena itu, diasumsikan tidak ada pembangunan skala besar yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun, prototipe pesawat tempur ini mungkin menunjukkan tren masa depan dalam desain angkatan laut PLAN.

Ada sedikit petunjuk, namun kemungkinan besar akan ada banyak kemajuan dalam penempatan kapal selam.

Kapal selam bertenaga konvensional Tipe 039C, dengan layar bersudut baru. Sumber: situs media sosial Tiongkok.

Kemajuan dalam pembangunan kapal selam Tiongkok mungkin merupakan elemen terpenting dari modernisasi PLAN. Itu melekat dalam karakter rahasianya tetapi juga tetap menjadi yang paling misterius. Fasilitas produksi yang diperluas di Galangan Kapal Bohai di Huludao terlibat dalam pekerjaan yang sedang berlangsung pada lebih banyak kapal selam serang bertenaga nuklir (SSN). Berdasarkan citra satelit Lambung yang baru diproduksi tampaknya merupakan desain Tipe 09III yang dimodifikasi. Perubahan mungkin termasuk memasukkan Sistem Peluncuran Vertikal (VLS) untuk rudal jelajah. Galangan kapal meluncurkan setidaknya satu dari SSN baru ini, yang diberi nama 09IIIB oleh Departemen Pertahanan AS, pada bulan Januari 2023. Ini merupakan tambahan dari lambung kapal lainnya yang dibangun pada tahun 2022. Berdasarkan aktivitas Di Bohai pada bulan Juni dan fasilitas Oktober 2023 Ini mungkin menghasilkan satu atau dua struktur lagimeskipun hal ini belum dikonfirmasi.

READ  "I Ate the Sun": Di Dalam Sejarah dan Mitologi Gerhana Matahari Total

Bagi kapal selam konvensional, informasi baru bahkan lebih langka lagi. Kapal selam tipe Yuan baru, yang biasa disebut Tipe 039C, tampaknya menjadi satu-satunya kapal selam besar yang saat ini beroperasi. Ketik 039C Sekarang tampaknya sedang dalam pelayanan Dengan skuadron kapal selam Armada Laut Selatan yang ditempatkan di Yulin, Pulau Hainan.

Singkatnya, modernisasi Angkatan Laut Tiongkok pada tahun 2023 menandai tahun yang bermanfaat. Jelas terlihat adanya kemajuan yang stabil dalam mempersiapkan pejuang baru untuk berpartisipasi di lapangan. Melanjutkan produksi jenis kapal amfibi yang sudah ada dan sangat penting bagi kemampuan amfibi Angkatan Laut Tiongkok adalah fitur penting kedua. Armada kapal perusak terus berkembang dengan desain yang modern. Kemajuan di bidang kapal selam masih semakin tidak menentu. Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa kemampuan ini akan mengalami peningkatan yang lebih dinamis dalam waktu dekat.