POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

MK Dewan Kehormatan akan mengumumkan hasil sidang etik pada hari Selasa

Tempo.co, Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MK) Gimli Ashitiki mengatakan dewan bergerak cepat mengingat pihaknya telah menyelesaikan penyelidikan pelanggaran etika dalam dua minggu.

“Kami punya waktu 30 hari untuk menyelesaikan kasus ini, tapi kami menyelesaikannya dalam 15 hari,” ujarnya saat ditemui, Kamis, 2 November.

Saat ditanya apakah dewan akan mengumumkan keputusan tersebut dalam waktu dekat, Gimli Ashitiki menjelaskan Dewan Kehormatan MK akan membahas hasil sidang pada Senin dan keputusan akhir akan diumumkan pada Selasa.

Tunggu keputusannya, Majelis Hakim MK yang terhormat tiga hakim akan membahasnya untuk saat ini. Tunggu dan lihat, kata Gimli Ashitiki kepada wartawan.

Anwa Usman hari ini akan diperiksa oleh Majelis Kehormatan MK karena melanggar kode etik MK saat memutus perkara batas usia presiden.

“[Today] “Kami akan memeriksa secara khusus panitera dan Ketua MK (Anwar Usman),” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Menurut Gimli Ashidiki, Anwar Usman diperiksa sebanyak dua kali karena banyaknya laporan yang menjeratnya. Ada 10 laporan terhadap Ketua Mahkamah Agung M.K. Sebanyak 21 laporan telah disampaikan kepada dewan dengan dugaan adanya pelanggaran etika yang dilakukan hakim.

Uni Rohmavati

Seleksi Guru: MK 3 Potensi Kendala Etik Bagi Anwar Usman Komite kehormatan mengungkapkan

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Lima kesepakatan dicapai pada AEM ke-55: Menteri Perdagangan RI