POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menunjukkan lubang pasang surut di Indonesia, bukan gelombang tsunami setelah letusan gunung berapi di Tonga Verification-Footage

Video lubang ombak di Indonesia telah salah dilaporkan secara online, dengan beberapa pengguna secara keliru mengklaim menunjukkan tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung berapi di Tonga.

Gunung berapi Hanga-Tonga-Hunga-Ha’boy meletus pada bulan Januari. Mengirimkan 15 gelombang tsunami di Samudra Pasifik (Di Sini Dan Di Sini)

Ribuan pengguna media sosial telah membagikan video orang berdurasi 45 detik yang berlari dari ombak di pantai yang tidak dikenal, menuduhnya menunjukkan tsunami Tonga. Video ini telah dilihat 1,5 juta kali di Twitter (Di Sini) Dan 600.000 kali di Facebook (Di Sini)

“Letusan gunung berapi besar di bawah laut kemarin di negara Pasifik #Tonga, menyebabkan bencana # gelombang tsunami menghantam pantai dan orang-orang bergegas ke tempat yang lebih tinggi,” tweet seorang pengguna Twitter dengan video yang menyesatkan.

Namun, video ini tidak terkait dengan tsunami di Tonga.

Reuters menemukan video yang diunggah ke YouTube pada 6 Desember 2021 (Di Sini) – Selama lebih dari sebulan.

Seluruh klip diunggah dalam kualitas tinggi dan berdurasi lebih dari tiga menit. Ini adalah salah satu dari banyak video yang diunggah ke saluran yang menunjukkan orang-orang berlarian naik turun ombak di satu tempat.

Menanggapi pertanyaan di kolom komentar unggahan 6 Desember tersebut, pemilik channel tersebut mengatakan bahwa video klip tersebut diambil oleh adiknya di sebuah pantai di Okis, di tepi Sungai Gumber di Indonesia. Dia mengatakan itu menunjukkan momen ketika gelombang pasang menghantam pantai.

Lubang gelombang adalah gelombang yang terjadi ketika gelombang kuat mendorong melawan arus (Di Sini) Menurut National Tidal and Sea Level Facility Inggris, hasilnya adalah “gelombang yang unik, terkadang sangat intens” (Di Sini)

READ  Kilang Minyak Silo Pertamina Terbakar, Ahog Konfirmasi Operasi Normal

Peristiwa semacam itu dapat dilihat di tepian Ogis di Sungai Gumbar (bit.ly/3Ib1PDD)

Pertimbangan

Salah ditulis. Video itu direkam setidaknya sebulan sebelum letusan gunung berapi di lepas pantai Tonga.

Artikel ini diproduksi oleh tim Pemeriksaan Fakta Reuters. Baca lebih lanjut tentang misi verifikasi fakta kami Di Sini .