POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri sedang mempersiapkan rencana untuk mengantisipasi peningkatan pariwisata selama liburan

Menteri sedang mempersiapkan rencana untuk mengantisipasi peningkatan pariwisata selama liburan

Jakarta (Antara) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandyaga Salahuddin Ono telah menyiapkan beberapa rencana dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengantisipasi kemungkinan peningkatan jumlah wisatawan selama liburan Idul Fitri tahun ini.

“Kami akan melakukan simulasi sebelum H-7 (Idul Fitri), prosedur sudah siap, seperti (untuk) crowd control, arus pengunjung dan lain-lain,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat. Senin.

Libur Idul Fitri tahun ini akan menjadi libur panjang pertama setelah pandemi COVID-19 dan pembatalan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Desember 2022. Karena itu, Ono memperkirakan jumlah wisatawan akan meningkat selama liburan.

Ia menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas pariwisata di direktorat, kota dan gubernur, serta instansi pemerintah di setiap destinasi wisata untuk mempersiapkan diri bagi wisatawan.

Dia menambahkan, pemerintah daerah dan otoritas pariwisata perlu segera meningkatkan aspek-aspek untuk mendukung keamanan, keselamatan, dan kebersihan selama masa liburan.

“Kalau selama (pelaksanaan) PPKM penguatan dilakukan di bidang kesehatan, sekarang fokusnya adalah keamanan, keselamatan, kebersihan, dan keberlanjutan,” katanya.

Ono mengatakan, pihaknya terus berupaya membenahi fasilitas pariwisata seperti rest area di jalur modik (repatriasi eksodus) dan destinasi wisata masjid untuk menarik wisatawan.

“Beberapa destinasi wisata modic road baru saja kita launching. Tahun lalu kita launching beberapa desa wisata, dan tahun ini banyak rest area dan destinasi wisata di masjid-masjid,” tambah Menkeu.

Pemerintah Indonesia memperkirakan akan ada 123,8 juta perjalanan wisatawan selama periode eksodus Idul Fitri, yang diharapkan dapat mendukung target pencapaian 1,4 miliar perjalanan wisatawan domestik tahun ini.

Berita terkait: Pemkot Yogyakarta melakukan pengintaian secara acak terhadap tempat-tempat wisata
Berita Terkait: Pengunjung Mengharapkan TMII Selama Libur Lebaran: Uno
Berita terkait: Kunjungan ke desa wisata diharapkan meningkat saat mudik

READ  Janji palsu perekonomian Indonesia

Diterjemahkan oleh: Indra Arif, Raka Aji
Editor: Aziz Karmala
Hak Cipta © Antara 2023