POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat memanggil Menteri Pertahanan

Menteri Pertahanan Amerika Serikat memanggil Menteri Pertahanan

Austin III, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, di Singapura untuk Dialog Shangri-La ke-20. Menteri Austen memanggil Menteri Pertahanan Dr Ng Eng Hien di Hotel Shangri-La pagi ini.

Dalam pertemuan tersebut, Dr. Ng mengungkapkan penghargaan atas dukungan AS yang telah lama ada untuk pelatihan Angkatan Bersenjata Singapura di AS, termasuk pendirian pangkalan untuk detasemen pelatihan RSAF (Angkatan Udara Singapura) di sana. Dr Ng dan Menteri Austin juga menantikan peluang untuk meningkatkan kerja sama bilateral, khususnya melalui akuisisi dan pengoperasian F-35B oleh Angkatan Udara Kerajaan. Dr. Ng dan Menteri Austin membahas perkembangan geopolitik di kawasan Asia-Pasifik, dan menyepakati pentingnya keterlibatan AS yang berkelanjutan. Sekretaris Austin menghargai dukungan berkelanjutan Singapura untuk kehadiran militer AS di wilayah kami, termasuk menjadi tuan rumah penempatan bergilir. Mereka bertukar pandangan tentang cara membangun struktur regional yang kuat, terbuka, dan inklusif, dengan Amerika Serikat menegaskan kembali kontribusinya dalam membangun kemampuan pertahanan melalui Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus.

Lembaga pertahanan Singapura dan Amerika Serikat berinteraksi secara teratur melalui pertukaran militer, pelatihan, kehadiran bersama, dan kerja sama teknologi pertahanan. Pada bulan April tahun ini, detasemen perdamaian Peace Vanguard II (jet tempur F-16) dan Peace Vanguard (helikopter AH-64 Apache) masing-masing merayakan ulang tahun ke-30 pelatihan mereka di Amerika Serikat. Pada 2019, kedua negara memperbarui Nota Kesepahaman (MOU) 1990 tentang penggunaan fasilitas AS di Singapura, dan pada Agustus 2021, Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Siber juga disepakati untuk melembagakan kerja sama pertahanan siber antara kedua institusi.

Seruan Sekretaris Austin menggarisbawahi hubungan pertahanan bilateral yang sangat baik dan telah berlangsung lama serta kemitraan yang saling menguntungkan antara Singapura dan Amerika Serikat. Sekretaris Austin akan berbicara dalam sesi pleno bertajuk “Komando AS di Kawasan Indo-PasifikPada 3 Juni 2023 saat Kongres SLD ke-20.

READ  Jokowi menyerukan tindakan bersama antara ASEAN dan PBB untuk menghadapi tantangan global