POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri: Mencari lokasi baru untuk menampung pengungsi Rohingya

Menteri: Mencari lokasi baru untuk menampung pengungsi Rohingya

Saat ini kami sedang mencari cara untuk mencarikan tempat lain bagi para pengungsi, karena jumlah mereka telah melebihi kapasitas tempat penampungan yang ada saat ini.

JAKARTA (ANTARA) – Pemerintah tengah mencari lokasi baru untuk menampung semakin banyaknya warga Rohingya yang mengungsi di Indonesia, kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

“Saat ini kami sedang mencari cara untuk mencari tempat lain bagi para pengungsi, karena jumlah mereka telah melebihi kapasitas tempat penampungan yang ada saat ini,” katanya usai pertemuan mengenai isu pengungsi Rohingya di kantornya di Jakarta, Rabu.

Ia mengaku telah meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membahas relokasi pengungsi dengan forum koordinasi komando daerah di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, dan Riau.

Mahfouz dalam pertemuan itu menjelaskan, beberapa pihak mengusulkan lokasi yang bisa dijadikan tempat penampungan sementara bagi pengungsi. Namun dia menambahkan, pemerintah belum menentukan lokasinya.

Ia juga menegaskan bahwa pemerintah akan segera memilih lokasi baru bagi pengungsi untuk mencegah kepadatan tempat penampungan yang ada. Ia menegaskan, upaya pemerintah hanya didasarkan pada perasaan manusia.

“Prinsipnya kami menerapkan diplomasi kemanusiaan untuk menangani permasalahan pengungsi Rohingya,” imbuhnya.

Sebelumnya pada Senin (4 Desember 2023), Presiden Joko Widodo menyatakan telah menginstruksikan Mahfud untuk menangani permasalahan 139 pengungsi Rohingya yang diduga terdampar di Kota Sabang, Provinsi Aceh, pada Sabtu (2 Desember).

“Ya, saya sudah perintahkan Menteri Keamanan untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi untuk menangani masalah ini,” kata Presiden.

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Aceh sedang berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) untuk mengurus urusan para pengungsi yang saat ini berlindung di berbagai wilayah di provinsi tersebut.

READ  FACTBOX-Terbaru tentang penyebaran global coronavirus

Berita Terkait: Pengungsi Rohingya mungkin bisa ditampung di Pulau Galang: Wapres
Berita Terkait: Indonesia melakukan uji kelayakan bagi pengungsi Rohingya
Berita Terkait: Jokowi Arahkan Menteri Keamanan Tertinggi untuk Tangani Pengungsi Rohingya

Diterjemahkan oleh: Walda M, Tigar Norvitra
Redaktur: Azis Kormala
Hak Cipta © Antara 2023