POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Luar Negeri Melanie Jolie Menekan China untuk Membantu Mengakhiri Invasi Rusia ke Ukraina

OTTAWA – Menteri Luar Negeri Melanie Jolie mengatakan Kanada dan China berbeda dalam banyak hal, tetapi penerimaan Beijing diperlukan dalam satu masalah besar – membantu mengakhiri perang Rusia di Ukraina.

OTTAWA – Menteri Luar Negeri Melanie Jolie mengatakan Kanada dan China berbeda dalam banyak hal, tetapi penerimaan Beijing diperlukan dalam satu masalah besar – membantu mengakhiri perang Rusia di Ukraina.

Jolie mengatakan kepada Canadian Press bahwa ini adalah pesan yang dia kirimkan dalam panggilan teleponnya minggu lalu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi sebelum tiba minggu ini di Asia Tenggara dalam perjalanan dua negara dengan satu tujuan utama: untuk membantu mewujudkan liberal yang telah lama dijanjikan. pemerintah. Strategi Indo-Pasifik.

Penunjukan Indo-Pasifik adalah akronim untuk kebijakan luar negeri dari kebijakan dan pendekatan yang ditempuh di kawasan Asia-Pasifik yang luas yang bertujuan untuk mengesampingkan China dalam upaya untuk menghadapi pengaruhnya yang sangat besar di kawasan tersebut.

Kunjungan Jolie ke Indonesia dan Vietnam juga datang di saat negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat, cenderung kurang mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Kata Jolie dalam wawancara dari Indonesia pekan lalu, sebelum berangkat ke Vietnam.

“Saya pikir kami sangat spesifik dan jujur ​​tentang hal itu. Tetapi pada saat yang sama, kami berpikir bahwa China memiliki kesempatan untuk memastikan bahwa ia memainkan peran konstruktif dalam mengakhiri perang.”

Ini adalah pertama kalinya menteri luar negeri Kanada dan China berbicara sejak pembebasan dua pria Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, pada September 2021, setelah hampir tiga tahun di penjara China, sebuah insiden yang memperburuk hubungan China-Kanada untuk semua. waktu. Kecil.

READ  Jaksa ICC membela menjatuhkan AS dari penyelidikan kejahatan perang Afghanistan | Berita

Kedua pria itu dipenjara sebagai pembalasan nyata atas penangkapan Kanada atas kepala teknologi China Meng Wanzhou berdasarkan surat perintah ekstradisi AS pada 2018.

Masalah ini hanya diselesaikan ketika Departemen Kehakiman AS menarik permintaan ekstradisi, membuka jalan bagi apa yang pada dasarnya adalah pertukaran tahanan.

Pembacaan telepon dari kedutaan China, yang mengatakan Jolie yang memulai panggilan tersebut, menunjukkan bahwa China masih memiliki perasaan keras tentang peran Kanada dalam penangkapan dan upaya ekstradisi eksekutif Huawei, sambil menunjukkan sedikit gerakan dalam masalah Ukraina.

“Inti dari masalah ini adalah bahwa Amerika Serikat secara paksa menekan perusahaan teknologi tinggi China. Perilaku tercela seperti itu melihat dunia dengan jelas,” kata pernyataan China.

Tidak ada negara yang boleh mendorong intimidasi sepihak seperti itu dengan ‘bermain serigala seperti harimau,’ kata Wang Yi, pepatah Cina yang mengacu pada ‘membantu penjahat melakukan kejahatan.’

Mengenai Ukraina, Wang Gulii mengatakan bahwa China ingin dunia “berpikir dengan tenang dan rasional” dan bekerja untuk gencatan senjata dan perdamaian. “China, berpegang pada posisi yang objektif dan tidak memihak, akan terus memainkan peran konstruktif dalam hal ini,” kata pernyataan dari kedutaan China.

AS ingin melihat Kanada mengambil kebijakan yang lebih keras terhadap China, dan Perdana Menteri Justin Trudeau telah menugaskan Jolie untuk menemukan jalan ke depan dengan surat otorisasinya. Meskipun China tidak disebutkan namanya, surat itu meminta Jolie untuk mengembangkan strategi Indo-Pasifik yang komprehensif untuk memperdalam kemitraan bantuan diplomatik, ekonomi, militer, dan internasional di kawasan itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, Kanada telah mengambil langkah-langkah untuk mendiversifikasi opsi perdagangannya di Asia, Indo-Pasifik, dengan membuka pembicaraan dengan India, kelompok negara ASEAN – yang meliputi Indonesia dan Vietnam – dan Taiwan, yang dianggap China sebagai provinsi yang memisahkan diri.

READ  Pemerintah Jepang menambahkan 4 wilayah lagi ke darurat COVID-19

Kanada telah secara terbuka mengumumkan dimulainya pembicaraan perdagangan dengan Taiwan setelah rilis Kovrig dan Spavor, yang telah membuat khawatir Beijing.

“Prinsip satu-China adalah landasan politik hubungan Tiongkok-Kanada. Jika masalah Taiwan tidak ditangani dengan baik, hubungan Tiongkok-Kanada akan mengalami kerusakan substansial,” kata pernyataan kedutaan Tiongkok.

“China berharap Kanada akan mengambil sikap dan sikap yang benar tentang isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan inti China.”

Jolie mengatakan diskusinya dengan Wang adalah “hormat” dan “terus terang,” tetapi menjelaskan bahwa dia telah membahas masalah Taiwan dan situasi hak asasi manusia dengan Muslim Uighur di provinsi Xinjiang, China. China menghadapi tuduhan penangkapan sewenang-wenang massal, tindakan pengawasan represif, kerja paksa, dan sterilisasi Uyghur. China membantah tuduhan itu.

China adalah salah satu dari 35 negara yang abstain dalam pemungutan suara Maret di Majelis Umum PBB yang mengutuk Rusia atas agresinya terhadap Ukraina. Kanada dan sekutu Baratnya termasuk di antara 141 negara yang memberikan suara mendukung resolusi tersebut.

Indonesia memilih dia, meskipun pengaruh regional China yang signifikan, tetapi Vietnam abstain.

Jolie mengatakan bagian dari misinya di wilayah itu minggu ini adalah untuk memperkuat perlunya mengutuk agresi Rusia. Dia telah melihat dampak yang sangat langsung dari perang terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia – harga minyak goreng, bahan penting dalam persiapan makanan, telah meroket.

“Ini penting untuk cara hidup mereka. Ini terkait dengan perang di Rusia,” kata Jolie.

“Pada saat yang sama, mari kita sangat menyadari fakta bahwa Rusia telah meluncurkan banyak kampanye propaganda di media sosial, dan kita perlu memperjelas dan mengulangi narasi kita.

“Kita perlu terlibat dengan Indonesia agar mereka mendengarkan posisi kita, tetapi juga untuk terus menjadi sekutu yang kuat.”

READ  China mengatakan telah menandatangani perjanjian keamanan dengan Kepulauan Solomon

Laporan ini pertama kali diterbitkan oleh The Canadian Press pada 12 April 2022.

Mike Blanchfield, Pers Kanada