POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Keuangan Lawrence Wong dan para pemimpin Indonesia menjajaki area pertumbuhan baru

Menteri Keuangan Lawrence Wong dan para pemimpin Indonesia menjajaki area pertumbuhan baru

Jakarta – Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong pada Rabu (18 Mei) bertemu dengan para pemimpin terkemuka Indonesia untuk menegaskan kembali hubungan baik kedua negara dan menjajaki area pertumbuhan baru seiring pemulihan kawasan dari pandemi COVID-19.

Dia berdiskusi dengan Menko Perekonomian Erlanga Hartarto, Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Ono, serta Gubernur Jawa Tengah Gangar Pranuo.

Dalam sebuah posting Facebook, Wong mengatakan Singapura dan Indonesia telah mempertahankan hubungan dekat selama krisis COVID-19.

“Kami terus bekerja sama untuk meningkatkan kerja sama kami di bidang ekonomi dan respons pandemi. Ini adalah bagian dari alasan mengapa negara-negara kita berada dalam posisi yang lebih kuat dari sebelumnya, ketika kita membuka kembali dan keluar dari pandemi,” katanya.

Mr Wong mengatakan dia membahas peluang untuk meningkatkan kerjasama, termasuk perubahan iklim dan keberlanjutan, dalam pertemuannya dengan Mr Luhut.

Bapak Wong juga berdiskusi dengan Bapak Airlangga cara-cara untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, termasuk di Kawasan Industri Kendal serta Batam, Bintan dan Karimun, yang merupakan bagian dari Kepulauan Riau, provinsi yang paling dekat dengan Singapura.

Secara terpisah, Airlangga menulis di Facebook bahwa ia berharap dapat meningkatkan nilai perdagangan dan investasi bilateral seiring dengan terkendalinya pandemi di Indonesia.

“Tidak bisa dipungkiri Indonesia dan Singapura merupakan kunci pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN,” ujarnya.

Airlangga menambahkan, para menteri juga membahas pembangunan pelabuhan di Kendal, Jawa Tengah.

Sementara itu, Bapak Wong dan Bapak Sandiaga berbicara tentang peluang untuk memperdalam kolaborasi, sambil menantikan kemitraan yang menarik di bidang-bidang baru seperti pariwisata berkelanjutan dan industri kreatif.

Mr Wong kemudian melakukan perjalanan ke Semarang di Jawa Tengah, di mana ia bertemu Mr Jangar. Wong mengatakan mereka membahas modal manusia dan pengembangan infrastruktur serta penciptaan lapangan kerja, di antara isu-isu lainnya.

READ  Mendag: Ekonomi digital akan tumbuh delapan kali lipat pada 2030 | Ilmuwan

Mr Gangar mengatakan ada ruang untuk kerjasama lebih lanjut, termasuk di pelabuhan yang akan dibangun, serta peningkatan kapasitas.

Mr Wong juga dijadwalkan untuk mengunjungi Kendal Industrial Park, usaha patungan antara kedua negara yang diresmikan pada November 2016 oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.