POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Indonesia dan Inggris membahas kerja sama perdagangan dan ekonomi

Menteri Indonesia dan Inggris membahas kerja sama perdagangan dan ekonomi

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Inggris Greg Hands membahas penguatan kerja sama ekonomi dan perdagangan di London.

“Kedekatan hubungan kedua negara ditandai dengan kesepakatan yang dicapai antara Komite Ekonomi dan Perdagangan Bersama (JETCO),” kata Hartarto dalam keterangannya yang dikeluarkan kantornya, Selasa.

Ia menyampaikan harapannya agar JETCO segera mencapai hasil nyata, termasuk di sektor energi dan ekonomi digital.

Dalam pertemuan tersebut, Hands menyoroti keahlian negaranya dalam bidang energi bersih dan mengusulkan kerja sama energi bersih yang disesuaikan dengan negara kepulauan seperti Indonesia.

Penerapan energi bersih nantinya akan dikaitkan dengan pengelolaan kebijakan pendukungnya.

Lebih lanjut, Hands berharap perdagangan produk susu dan produk susu di bawah JETCO tetap berjalan lancar meski ada kendala dalam proses pendaftaran.

Menanggapi hal tersebut, Hartarto menekankan upaya deregulasi yang dilakukan Indonesia yang bertujuan untuk menyederhanakan proses registrasi produk susu dan produk susu.

Inisiatif ini mendukung meningkatnya permintaan terhadap produk-produk tersebut, terutama mengingat program pemerintah yang akan datang yang memberikan susu gratis kepada pelajar.

Dalam pertemuan tersebut, Hartarto juga membahas dampak peraturan uji tuntas Inggris terhadap produk minyak sawit Indonesia. Dia menyatakan harapannya akan adanya perlakuan regulasi yang adil.

“Saat ini Indonesia menyatakan ketidaksetujuannya terhadap penerapan kebijakan UE tentang produk berkelanjutan. Indonesia dan Malaysia sedang berupaya mengatur aturan tentang produk berkelanjutan,” ujarnya.

Kedua menteri juga membahas gagasan kerja sama di bidang perdagangan bebas, masuknya Indonesia sebagai anggota Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), dan kerja sama regional.

Airlangga mengatakan Indonesia terbuka terhadap perdagangan bebas dengan Inggris.

Berita Terkait:Prabowo dan Tony Blair membahas strategi transformasi Indonesia
Berita Terkait: Indonesia dan Inggris menantikan kerja sama dalam pengembangan e-Government

READ  Pemulihan ekonomi Indonesia dan peran pariwisata dan digitalisasi | Ditulis oleh Dr. Mahmoud Hassan Khan