POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China’s Growing Ties With Indonesian Provinces

Meningkatnya hubungan antara provinsi Cina dan Indonesia – Diplomat

Di tengah hubungan yang berkembang antara Cina dan Indonesia, satu aspek sebagian besar diabaikan: kemitraan yang berkembang antara provinsi kedua negara. Sebagai mitra dagang dan tujuan ekspor serta investor terbesar kedua di Indonesia, China mulai melirik potensi ekonomi di sejumlah provinsi di Nusantara.

Bulan ini, misalnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Muncul Perjanjian kerjasama dengan China di bidang pertanian, khususnya budidaya kedelai di kawasan. Berdasarkan kesepakatan tersebut, Beijing diharapkan dapat memberikan bantuan benih kedelai dan teknologi pertanian.

Namun, penting untuk dicatat bahwa hubungan Cina dengan provinsi-provinsi di Indonesia bukanlah perkembangan baru. Sebaliknya, Cina telah mengembangkan hubungan semacam itu selama beberapa tahun, terutama sejak Inisiatif Sabuk dan Jalan diluncurkan di Indonesia.

Misalnya, China juga menunjukkan minat yang besar terhadap Kalimantan Barat. Selama webinar Layak “Menggali Potensi Ekonomi Pandemi China-Kalimantan Barat Pasca Pandemi China Barat” Awal tahun ini ternyata hubungan tersebut sudah berlangsung beberapa lama. Wakil Gubernur Kalbar Rhea Norsan. Dia berkata Bahwa ada 10 komoditas ekspor unggulan Kalbar yang dikirim ke China, antara lain komoditas pertambangan, hasil perikanan dan minyak nabati mentah. Kedua belah pihak dilaporkan berencana untuk memperluas hubungan mereka di sektor furnitur.

Selain itu, beberapa provinsi telah menjalin kerjasama dengan provinsi kembar dengan rekan-rekan mereka di China. di samping Jakarta dan Beijing, Provinsi Jawa Barat mapan Hubungan provinsi kembar dengan Guangxi, Chongqing, Sichuan, Henan dan Heilongjiang. Perjanjian-perjanjian ini memiliki menghasilkan Dalam hubungan yang lebih dekat di bidang budaya pertanian, pariwisata dan manufaktur.

Apakah Anda menikmati artikel ini? Klik di sini untuk mendaftar untuk akses penuh. Hanya $5 per bulan.

peta provinsi indonesia Sumber: Depositphotos

Pada bulan September 2019, Provinsi Shandong Tiongkok saya mulai Kerjasama dengan Kepri dalam pengembangan kawasan ekonomi khusus di Bintan, khususnya di Galang Batang. Pada tahun yang sama, Kabupaten Lumajang di Jawa Timur juga Bahas Hubungan dengan Tianjin di bidang investasi, pariwisata dan ekspor.

READ  UEA menandatangani perjanjian perdagangan dengan 8 negara; Raih Peluang Investasi Baru - Berita

Bengkulu adalah provinsi lain yang telah menjalin hubungan sendiri dengan Cina. Cina memiliki Membantu Dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bengkulu yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi provinsi. Apalagi pada 2019, perwakilan dari Bengkulu dan China dia bertemu Membahas kemungkinan kerjasama di masa depan, khususnya di sektor pertanian, dengan fokus pada komoditas kopi.

Tidak jauh dari Bengkulu, China juga telah menjalin kerja sama dengannya Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. Dengan Lampung, misalnya, Cina memiliki mitra Dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung melakukan pemantauan dan evaluasi kegiatan kerjasama pengembangan padi hibrida sejak tahun 2013. Kerjasama tersebut juga mencakup pelatihan peneliti dan pemangku kepentingan terkait lainnya serta pengembangan laboratorium dan fasilitas pendukung lainnya.

Apalagi Bali juga telah menjalin kerja sama dengan Provinsi Yunnan di bidang ekonomi dan pariwisata sejak 2013. Pada 2019, Ada rencana kedua provinsi membuka penerbangan langsung Untuk membuka jalan bagi lebih banyak bisnis dan pertukaran orang-ke-orang.

Jawa Timur juga punya tertanam Hubungan dengan provinsi Cina, terutama Shanghai, Tianjin, Guangxi, Shandong, Zhejiang dan Jiangxi. Banyak perusahaan Cina juga telah melakukan investasi di Jawa Timur. Sementara konsulat Cina telah didirikan di Surabaya, ibu kota Jawa Timur, provinsi ini juga memiliki لديها didirikan Pusat Pertukaran dan Kerjasama di Tianjin, dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti Lomba Pengetahuan Budaya Tionghoa. Selain itu, perwakilan parlemen dari Jawa Timur juga sering melakukan kunjungan kerja dengan rekan-rekan mereka dari China.

READ  Bercita-cita untuk mendapatkan status berpenghasilan tinggi - BusinessWorld

Sumatera Utara juga telah menjalin kerja sama dengan China dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terutama terlihat dengan adanya Investasi Tiongkok di provinsi, seperti China Harbour Engineering Co. Ltd. , yang telah berinvestasi di Proyek Tol Medan-Bandara Kualanamu. Selain itu, Shanghai Electric Power Construction Co., Ltd. telah berinvestasi Ltd. Pada proyek pembangkit listrik 2 x 150 di Medan Industrial Park, Guangdong Power Engineering telah berinvestasi pada proyek pembangkit listrik Pangkalan Susu 2 x 150 MW tahap pertama. Tidak hanya itu, hubungan juga meluas di bidang perdagangan dan pendidikan, hingga pemerintah provinsi menyetujuinya Buka penerbangan langsung Ke Guangzhou, Xiamen dan Chengdu di Cina.

Provinsi Indonesia lainnya yang memiliki ikatan kuat dengan China adalah Nusa Tenggara Barat (NTB). hubungan terlihat Pada tahun 2004 setelah Beijing mendirikan konsulat di Bali. Kerja sama terutama dilakukan di bidang perikanan, peternakan, pariwisata dan rencana pengembangan panas bumi. Investasi juga telah menjadi agenda, seperti Budidaya sisal di pulau sumbawa. Sisal adalah tanaman yang banyak digunakan dalam pembuatan tali dan beberapa tekstil. Investor Cina diuntungkan dari kemungkinan menanam tanaman di pulau Sumbawa. Perlu juga dicatat bahwa NTB memiliki hubungan dekat dengan provinsi Ningxia di Tiongkok, terutama di sektor pendidikan, pariwisata, dan produk halal, mengingat jumlah umat Islam yang besar di kedua provinsi tersebut.

Provinsi lain yang telah menjalin hubungan dengan Tiongkok antara lain Sulawesi Utara pengembangan Bitung sebagai kawasan ekonomi khusus; Pekanbaru tentang pembangunan infrastruktur; Jawa Tengah Dan Sulawesi Barat Pada investasi di bidang infrastruktur, listrik, pembangkit listrik tenaga surya dan pariwisata.

Perkembangan di atas menunjukkan bahwa Cina dalam hubungannya dengan Indonesia tidak hanya berurusan dengan pemerintah pusat di Jakarta. Dari sudut pandang Beijing, kedekatan dengan provinsi-provinsi di Indonesia tidak hanya penting bagi pelaksanaan Inisiatif Sabuk dan Jalan; Ini adalah tujuan utama diplomasi Tiongkok. China ingin membangun hubungan budaya dengan mendorong orang-ke-orang dan pertukaran budaya di tingkat lokal.

READ  Indonesia mempertimbangkan pembatasan yang lebih luas saat krisis virus corona semakin dalam

Apakah Anda menikmati artikel ini? Klik di sini untuk mendaftar untuk akses penuh. Hanya $5 per bulan.

Dengan berkembangnya hubungan Cina dengan Indonesia, kita dapat mengharapkan lebih banyak provinsi di Indonesia untuk bekerja sama dengan Cina.