POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menara BTS untuk meningkatkan produksi di wilayah 3D: Menteri

Menara BTS untuk meningkatkan produksi di wilayah 3D: Menteri

JAKARTA (ANTARA) – Beroperasinya Base Transceiver Station (BTS) 4G di Indonesia akan meningkatkan produktivitas masyarakat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Sediyadi.

“Tujuan utama pembangunan infrastruktur digital adalah membantu masyarakat menjadi lebih produktif,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mencatat, infrastruktur digital di bidang 3D dapat mendukung pelayanan publik di bidang pendidikan, kesehatan, keselamatan dan keamanan, serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Infrastruktur digital ini akan membantu masyarakat, khususnya di wilayah 3T, mengakses ruang digital,” kata Chettyadi.

Pada 28 Desember, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pembangunan BTS pada acara peresmian integrasi BTS BAKTI 4G dan SATRIA-1 Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan stasiun bumi di Kepulauan Talat, Sulawesi Utara. Papua menghadapi tantangan yang sangat besar.

Berita terkait: Pembangunan BTS di kawasan 3T mengedepankan energi berkelanjutan: BAKTI

Oleh karena itu, ia memerintahkan Panglima TNI Jenderal Agus Subianto dan Kapolri Jenderal Listio Sikit Prabowo menyelesaikan pembangunan BTS 4G di Papua pada tahun 2024.

“Presiden Jokowi menyampaikan, pembangunan BTS di Papua perlu kita selesaikan. Saya jawab, dalam waktu enam bulan, kita bisa menyelesaikannya dengan koordinasi TNI dan Polri untuk operasi keamanan,” kata Menkeu.

Selain itu, Setiadi mengatakan pihaknya akan mempercepat pembangunan BTS 4G di wilayah lain untuk mewujudkan pemerataan konektivitas internet di seluruh tanah air.

“Kita perlu menyelesaikan 630 lokasi BTS di Papua dalam sebulan, disusul wilayah lainnya, khususnya wilayah 3T,” ujarnya.

Chetty yakin pembangunan BTS 4G akan selesai di seluruh wilayah 3T sebelum masa jabatan Presiden Jokowi berakhir atau pada Oktober 2024.

READ  Perusahaan Florida menggunakan sisa-sisa manusia untuk memulihkan karang yang sekarat

BERITA TERKAIT: Panglima TNI, Kapolri akan mengawasi proyek BTS Papua: Jokowi

Berita terkait: Hak masyarakat atas akses internet: Menteri Chettyadi

Diterjemahkan oleh: Pastor Rochman, Recinda Sulistyanthari
Redaktur : Uni Arisanti Sinaga
Hak Cipta © ANTARA 2023