POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Membangun Industri Pertahanan di Filipina: Tantangan dan Peluang

Membangun Industri Pertahanan di Filipina: Tantangan dan Peluang

Webinar Program Studi Filipina

Tentang webinarnya

Sejak berakhirnya Perang Dingin, Angkatan Darat Filipina telah melakukan berbagai siklus modernisasi pertahanan yang berupaya menciptakan angkatan bersenjata modern yang mampu mengambil postur pertahanan yang kredibel di abad ke-21. Upaya reformasi tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan pengawasan sipil, namun juga menghadapi tantangan besar dalam membangun kapasitas, membeli peralatan, dan menyediakan lebih banyak pelatihan berkualitas tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan minat untuk memanfaatkan sektor swasta dan menjadikannya pemain aktif dalam memperkuat pertahanan negara. Di bawah pemerintahan Marcos Jr., Modernisasi Angkatan Bersenjata (AFP) berencana mewujudkan Konsep Pertahanan Kepulauan Komprehensif (CADC) dengan menggunakan pendekatan seluruh negara yang mencakup sektor swasta.

Webinar ini mengkaji potensi kontribusi sektor swasta dan perusahaan komersial dalam meningkatkan pertahanan nasional Filipina. Apa saja faktor penting yang dapat mempengaruhi perkembangan industri pertahanan di Filipina? Tantangan apa yang dihadapi sektor swasta dalam berpartisipasi dalam pengembangan industri pertahanan? Bagaimana pemerintah Filipina dan faktor eksternal dapat membantu mengembangkan kemitraan dalam industri pertahanan?

Tentang speaker

Profesor Hermann Joseph S. kerajinan Beliau adalah profesor di Departemen Ilmu Politik di Universitas Filipina di Diliman, Kota Quezon. Pada saat yang sama, beliau adalah penyelenggara Program Studi Strategis dari Pusat Studi Integratif dan Pembangunan di Universitas Filipina. Keahlian penelitiannya berfokus pada keamanan internasional, regionalisme ASEAN, dan kajian strategis.

Tuan Jesse Pacaccio Beliau adalah seorang analis pertahanan di Filipina dan pernah bertugas di berbagai kantor di Kantor Kepresidenan, Departemen Pertahanan Nasional, Angkatan Bersenjata Filipina, dan Angkatan Laut Filipina. Bidang fokusnya adalah analisis kebijakan strategis, ekonomi pertahanan, kebijakan maritim, dan keamanan maritim. Ia juga merupakan anggota beberapa kelompok kerja teknis legislatif mengenai isu-isu strategis maritim dan pertahanan.

READ  Arab Saudi meluncurkan program Buka Puasa di Bosnia, Yordania

Tuan Menelio Carlos III Dia adalah presiden Asosiasi Pembuatan Kapal Filipina. Sejak 2016, beliau juga menjabat sebagai Presiden Perusahaan Konstruksi Baja dan Pekerjaan Kelautan Filipina. Ia menempuh pendidikan dari Universitas Ateneo de Manila dan Universitas Cornell.

Registrasi

Webinar ini akan disampaikan seluruhnya secara online. Anda dapat mengikuti webinar pada tanggal dan waktu yang ditentukan menggunakan perangkat (komputer, ponsel atau tablet) yang terhubung ke Internet.

Silakan mendaftar Di Sini Untuk menerima tautan unik Anda untuk bergabung dengan webinar.

Jika Anda memiliki pertanyaan untuk pembicara, silakan masukkan pertanyaan Anda melalui Q&A, termasuk nama dan afiliasi Anda. Moderator akan mengirimkannya kepada pembicara pada saat sesi tanya jawab.