POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Membangun ekosistem global pekerja dan bisnis teknologi lepas: Dampak dan potensi

Membangun ekosistem global pekerja dan bisnis teknologi lepas: Dampak dan potensi

“Pekerjaan lepas telah menjadi konsep yang semakin populer dalam dekade terakhir, menawarkan para profesional kesempatan untuk bekerja dengan kemandirian dan fleksibilitas yang lebih besar. Dengan peningkatan fokus pada keseimbangan kehidupan kerja dan keinginan untuk mengerjakan proyek yang selaras dengan minat pribadi, lebih banyak individu memilih untuk bekerja lepas penuh waktu atau kewirausahaan individu. Tren ini tidak hanya terbatas di Amerika Serikat, tetapi juga diamati di seluruh dunia. Faktanya, sebuah penelitian terbaru memperkirakan bahwa lebih dari 50% tenaga kerja Amerika akan menjadi pekerja lepas pada tahun 2027 .

Gig economy diharapkan tumbuh sebesar 200% dari ukurannya saat ini sebesar 7,7 juta pekerja, dengan perempuan menyumbang sebagian besar dari pertumbuhan ini. Freelancing memberikan solusi hemat biaya untuk perusahaan yang perlu berkembang dengan cepat atau memiliki kebutuhan khusus, dan memungkinkan mereka memanfaatkan kumpulan bakat global. Di negara-negara seperti India dan AS di mana talenta teknologi sangat mahal, pekerja lepas memberikan keunggulan kompetitif.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk mengikuti perkembangan terkini agar tetap kompetitif. Permintaan akan profesional teknologi yang terampil telah meningkat secara eksponensial, terutama dengan diperkenalkannya teknologi canggih seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan blockchain. Namun, mempekerjakan talenta teknis yang terampil menjadi semakin sulit dan mahal. Munculnya ekonomi pekerja lepas dan tenaga kerja mandiri menawarkan solusi bagi perusahaan yang ingin mengakses keterampilan khusus tanpa memerlukan komitmen jangka panjang.

Dengan memanfaatkan ekosistem pekerja lepas global, perusahaan memiliki akses ke kumpulan besar profesional teknologi terampil dari seluruh dunia. Ini tidak hanya memberikan akses ke berbagai keterampilan dan keahlian, tetapi juga memberikan solusi hemat biaya untuk bisnis terlepas dari ukuran operasi mereka. Freelancer memberikan keahlian khusus berdasarkan proyek per proyek, tanpa perlu komitmen jangka panjang. Terlebih lagi, bekerja dengan pekerja lepas dapat memberi perusahaan fleksibilitas yang mereka butuhkan untuk meningkatkan atau memperkecil operasi mereka dengan cepat seiring perkembangan kebutuhan bisnis.

READ  Plastik laut: bagaimana teknologi digunakan untuk menghilangkan masalah sampah

Menciptakan ekosistem yang menghargai dan mendukung pekerja lepas sangat penting untuk kesuksesan organisasi mana pun. Perusahaan yang memperlakukan pekerja lepas sebagai anggota tim lebih cenderung menarik dan mempertahankan talenta terbaik. Freelancer yang merasa dihargai dan terlibat lebih cenderung menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi, memenuhi tenggat waktu, dan melebihi harapan. Perusahaan dapat mencapai hal ini dengan memberikan dokumentasi yang tepat kepada pekerja lepas untuk menyelesaikan pekerjaan, terlibat dengan mereka secara teratur, dan menawarkan manfaat seperti peningkatan keterampilan dan asuransi.

Kesimpulannya, pentingnya pekerja lepas dalam angkatan kerja modern tidak bisa terlalu ditekankan. Saat perusahaan merangkul transformasi digital dan tenaga kerja menjadi lebih mobile dan terhubung, menciptakan ekosistem yang menghargai dan mendukung pekerja lepas sangat penting untuk sukses. Dengan mengakui pekerja lepas sebagai anggota tim dan memberi mereka sumber daya yang mereka butuhkan untuk berhasil, perusahaan dapat menciptakan tenaga kerja lepas yang berkembang yang memberikan hasil dan mendorong pertumbuhan.”

linkedin


Penafian

Pendapat yang diungkapkan di atas adalah milik penulis.



akhir artikel