POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Masa depan teknologi Cryptocurrency dan Blockchain di Indonesia

Masa depan teknologi Cryptocurrency dan Blockchain di Indonesia

Cryptocurrency dan teknologi blockchain adalah bidang yang berkembang pesat yang berpotensi mengubah ekonomi global. Teknologi ini memungkinkan transaksi yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih aman serta berpotensi meningkatkan inklusi keuangan, mengurangi korupsi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebagai salah satu ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki posisi yang baik untuk memainkan peran penting dalam membentuk masa depan teknologi tersebut.

Baru-baru ini, pemerintah Indonesia telah menciptakan lingkungan regulasi yang kondusif untuk pengembangan cryptocurrency dan blockchain. Peluncuran bursa mata uang kripto di Indonesia oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti atau Bappebti) menandakan dukungan pemerintah terhadap pertumbuhan pasar mata uang kripto di Tanah Air. Kebijakan ini, seiring dengan meningkatnya jumlah pemuda yang paham teknologi, telah menciptakan lahan subur untuk inovasi di bidang cryptocurrency dan blockchain.

Pengembangan Cryptocurrency dan Blockchain di Indonesia: Katalis untuk Dampak Internasional

Perkembangan teknologi cryptocurrency dan blockchain di Indonesia berimplikasi pada hubungan internasional. Karena teknologi ini terus mendapatkan momentum global, negara-negara yang berada di garis depan adopsi dan pengembangannya cenderung memberikan pengaruh yang lebih besar dalam perdagangan dan keuangan internasional. Dengan merangkul teknologi cryptocurrency dan blockchain, Indonesia dapat memposisikan dirinya sebagai pemimpin di bidang ini, yang dapat meningkatkan posisinya di panggung global.

Pada 20 Juli 2023, Indonesia membuka platform aset kripto nasional, yang berfungsi sebagai tempat perdagangan dan lembaga kliring. Inisiatif perintis ini bertujuan untuk memberikan catatan transaksi yang komprehensif kepada otoritas pengatur, dan untuk meningkatkan kemampuan pengawasan mereka. Institusi ini mewakili contoh terkemuka dunia dari pertukaran cryptocurrency yang didukung pemerintah. Bappebti dipercaya untuk mengawasi proyek baru ini.

READ  Majukan Sumber Daya Perikanan, Mahasiswa FPIK Unpad Gelar Seminar Blue Economy - Universitas Padjadjaran

Setelah mengatasi penundaan yang signifikan, bursa cryptocurrency nasional yang dinanti-nantikan mulai beroperasi pada 17 Juli 2023. Katalis penting untuk perkembangan ini adalah pemberlakuan undang-undang baru pada Januari 2023, yang disahkan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Tindakan legislatif ini menghasilkan amandemen terhadap 17 peraturan daerah yang sudah ketinggalan zaman, menyesuaikannya dengan perkembangan teknologi kontemporer. Dengan demikian, terdapat potensi untuk reklasifikasi transformatif aset crypto dalam kerangka hukum negara – keberangkatan dari klasifikasi tradisional mereka sebagai komoditas yang mirip dengan logam atau logam mulia, dengan kemungkinan reklasifikasi sebagai sekuritas.

Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) telah menyatakan optimisme tentang teknologi yang mendasari cryptocurrency. Optimisme ini digarisbawahi oleh pengawasan regulasi industri yang akan datang oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di bawah arahan “Inovasi Teknologi untuk Sektor Keuangan”. Bukti pesatnya pertumbuhan ruang cryptocurrency di Indonesia, beberapa tahun terakhir telah mengalami peningkatan besar. Pada Mei 2023, negara ini menawarkan 11,2 juta investor cryptocurrency terdaftar.

Adopsi teknologi cryptocurrency dan blockchain dapat memfasilitasi integrasi ekonomi antara Indonesia dan negara lain. Dengan mengaktifkan transaksi lintas batas yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih aman, teknologi ini dapat meningkatkan arus perdagangan dan investasi antara Indonesia dan mitra dagangnya. Situasi ini dapat mempererat hubungan ekonomi antara Indonesia dengan negara lain, dan lebih meningkatkan kerja sama dan kerja sama dalam isu-isu regional dan global.

Melekatnya hubungan internasional di Indonesia

Selain potensi keuntungan ekonomi, adopsi teknologi cryptocurrency dan blockchain dapat memiliki implikasi politik bagi hubungan internasional Indonesia. Selama masa jabatan Indonesia sebagai Presidensi G20 pada tahun 2022, menyentuh topik teknologi cryptocurrency dan blockchain. Dalam kapasitas tersebut, Kepresidenan Indonesia mempresentasikan “Memorandum Presiden tentang Pembentukan Kerangka Kerja Global untuk Aset Kripto”, yang merupakan kontribusi berharga untuk pembentukan strategi komprehensif di bidang ini.

READ  20 importir minyak teratas pada tahun 2023

Tindakan dukungan tersebut menandai sikap Indonesia terhadap aset kripto, meskipun negara tersebut telah melarang penggunaannya sebagai alat pembayaran. Namun, mereka telah diberi status sebagai sarana investasi yang sah.

Tonggak utama dalam perjalanan Indonesia dengan aset kripto terjadi pada Juli 2023, dengan dibukanya pusat pertukaran dan kliring aset kripto nasional. Inisiatif perintis ini, yang diawasi oleh Bappebti, menandai contoh pertama di dunia dari pertukaran cryptocurrency yang didukung pemerintah.

Selain itu, pendelegasian otoritas regulasi ke OJK menandakan perubahan signifikan dalam pendekatan negara untuk mengawasi sektor cryptocurrency. Amandemen ini menyampaikan pemahaman bahwa sektor tersebut mencakup aspek-aspek yang melampaui sekadar pertukaran aset, menyoroti perlunya kewaspadaan yang terfokus. Keputusan strategis untuk mengintensifkan pengawasan regulasi dan memberikan mandat kepada OJK untuk mengelola dan mengawasi operasi aset digital, termasuk cryptocurrency, merupakan upaya yang disengaja untuk meningkatkan perlindungan bagi investor. Strategi pengawasan peraturan yang disempurnakan ini berpotensi mengurangi potensi risiko dan meningkatkan kepatuhan terhadap protokol yang telah ditetapkan, sehingga meningkatkan jaminan investor dan meningkatkan kepercayaan dalam lanskap mata uang kripto. Tidak mengherankan, Indonesia menjadikan dirinya sebagai tujuan yang lebih menarik bagi investor dan perusahaan crypto internasional.

Jalur teknologi cryptocurrency dan blockchain di Indonesia memiliki implikasi mendalam bagi lanskap lokal dan posisinya di panggung global. Karena teknologi transformatif ini terus membentuk kembali ekonomi dan masyarakat di seluruh dunia, pendekatan proaktif Indonesia untuk mengembangkan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhannya menempatkan bangsa ini di garis depan inovasi dan kemajuan. Pendirian pusat pertukaran dan kliring aset kripto nasional, ditambah dengan dukungan pemerintah terhadap pengembangan mata uang kripto dan blockchain, menggarisbawahi komitmen Indonesia untuk menjadi pemain penting dalam lanskap yang berkembang ini. Dengan memanfaatkan teknologi ini, Indonesia bertujuan untuk meningkatkan lanskap keuangan dan ekonominya serta meningkatkan kedudukan internasionalnya.

READ  Nasib Ekonomi RI di Tangan Sang Presiden Baru

Selain itu, dimensi etis dari teknologi ini, seperti peningkatan transparansi dan pengurangan korupsi, dapat meningkatkan reputasi Indonesia sebagai aktor global yang bertanggung jawab. Dengan memperkuat tata kelola dan institusi demokrasi, Indonesia dapat meningkatkan pengaruhnya di forum internasional, dan berkontribusi pada perubahan positif di panggung dunia. Dalam konteks ini, peran Indonesia sebagai negara yang memimpin G20 pada tahun 2022 dan inisiatif perintisnya di sektor cryptocurrency menunjukkan niat bangsa untuk membentuk wacana dan arah teknologi cryptocurrency dan blockchain. Saat bidang-bidang ini berkembang, posisi dan tindakan Indonesia memposisikannya sebagai pemimpin potensial dalam narasi inovasi teknologi yang sedang berlangsung dan implikasinya terhadap hubungan internasional.