POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Manfaatkan peluang penggusuran Idul Fitri: MPR untuk daerah

Manfaatkan peluang penggusuran Idul Fitri: MPR untuk daerah

JAKARTA (ANTARA) – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Lestari Moirtijat mendesak pemerintah daerah memanfaatkan peluang yang muncul dari tradisi mudik Idul Fitri.

“Selain tantangan, jutaan penumpang outbond yang melakukan perjalanan ke daerah merupakan peluang yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemangku kepentingan di daerah,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diperoleh MPR, Senin.

Menurut dia, peningkatan pelayanan terhadap pemudik yang mudik lebaran akan menentukan pendapatan daerah selama libur lebaran.

Ia kemudian mencontohkan catatan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Katin) yang memperkirakan arus kas akan mencapai Rp157,3 triliun (sekitar US$9,77 miliar) selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Aliran uang tersebut diharapkan tersebar ke sejumlah sektor yang dibutuhkan pemudik di daerah.

Untuk itu, kata Moerdijat, kesiapan dan kreativitas pemangku kepentingan dalam mengantisipasi peluang tersebut akan sangat menentukan pendapatan yang diperoleh suatu daerah pada masa evakuasi Idul Fitri.

“Sektor pariwisata, akomodasi, transportasi, dan kuliner dapat diakses oleh banyak orang selama libur Idul Fitri,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, kemudahan akses pelayanan publik di sepanjang jalur menuju destinasi wisata di daerah akan menjadi daya tarik wisatawan.

Selain itu, kesiapan pengelola pariwisata di daerah dalam menghadapi lonjakan pengunjung juga dinilai penting.

“Perjalanan yang aman dan lancar bagi pemudik yang berangkat lebaran pada masa libur Idul Fitri harus menjadi fokus pengelola destinasi pariwisata dan pemangku kepentingan di daerah,” imbuhnya.

Wakil Ketua MPR berharap aktivitas masyarakat saat libur Idul Fitri dapat membantu percepatan pertumbuhan ekonomi nasional di tengah ancaman krisis global.

Berdasarkan kajian Kementerian Perhubungan, diperkirakan ada 193,6 juta orang yang akan mudik untuk merayakan Idul Fitri tahun ini yang jatuh pada 10 April.

READ  Indonesia tangkap lima kasus pemenggalan kepala gajah - Lingkungan

Berita terkait: Penumpang Kereta Cepat Hoosh Naik 30% Usai Idul Fitri
Berita terkait: Belney melayani 304.000 pelaut selama libur Idul Fitri