POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapal perang TNI Angkatan Laut yang membawa penumpang Idul Fitri tiba di Jakarta

Kapal perang TNI Angkatan Laut yang membawa penumpang Idul Fitri tiba di Jakarta

JAKARTA (ANTARA) – Ratusan pemudik Lebaran yang kembali ke Jakarta dari Jawa Timur dan Jawa Barat tiba di markas Komando Sealift Militer (Kolinlamil) di Jakarta pada Senin dengan kapal perang TNI Angkatan Laut.

810 penumpang asal Surabaya dan Semarang menaiki fregat landing dock KRI Banda Aceh-593, kata Komandan Laksamana Muda Hudiardo Krisno Udomo di Kolinlam.

Kapal berangkat dari Surabaya untuk menjemput penumpang lebih banyak. Total penumpang yang naik di Surabaya berjumlah 310 orang dan penumpang sisanya naik di Semarang, ujarnya seraya menambahkan, 181 unit sepeda motor yang digunakan penumpang di kapal perang tersebut ikut diangkut.

Utomo mengatakan, acara tersebut diadakan setiap tahun untuk memfasilitasi para pemudik, khususnya yang pulang kampung menggunakan sepeda motor, pada musim mudik lebaran.

Ia berharap dengan adanya jalur alternatif bagi para komuter yang menggunakan sepeda motor, maka angka kecelakaan saat mudik lebaran bisa berkurang.

Ia mengatakan, penggunaan kapal perang untuk keperluan sipil akan membantu TNI Angkatan Laut mengenalkan operasinya dan memamerkan salah satu armadanya kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

“Selama perjalanan kami memperkenalkan aspek kelautan dan kelautan kepada para penumpang. Kami juga melakukan kegiatan sosialisasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa operasi ini menunjukkan bagaimana peran angkatan laut berkembang melampaui operasi militer hingga mencakup upaya kemanusiaan seperti bantuan perjalanan Idul Fitri.

“Mereka juga tahu bahwa kami adalah bagian dari rakyat. TNI (Tentara Republik Indonesia) adalah milik rakyat dan kapal ini dibeli dengan pajak mereka,” jelasnya.

Utomo mengungkapkan, pihaknya sedang mempertimbangkan penambahan jumlah kapal perang yang dikerahkan untuk mudik lebaran tahun depan.

Tahun ini, TNI AL telah menyiapkan dua kapal perang tambahan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang. Kapal perang tersebut ditempatkan di Surabaya, Jawa Timur, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

READ  Menara BTS untuk meningkatkan produksi di wilayah 3D: Menteri

“Kami juga menyiapkan dua kapal perang lainnya yaitu KRI Teluk Parigi dan KRI Teluk Youtefa. Kami akan menyiapkan kapal jika tidak ada kapal perang atau saat terjadi lonjakan penumpang,” kata Utomo.

Berita terkait: Kota paling barat di Indonesia ini menarik 17.922 pengunjung selama libur Idul Fitri
Berita terkait: Lalu lintas mudik lebaran ke Jakarta naik 41 persen dibandingkan biasanya: Jasa Marga