POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lihat dalam gambar: Gerhana cincin “Cincin Api” memukau pemirsa

Lihat dalam gambar: Gerhana cincin “Cincin Api” memukau pemirsa

Gerhana matahari yang langka – Dikenal sebagai “Cincin Api”.– Di seluruh Amerika Serikat pada hari Sabtu, para pengamat gerhana telah mempersiapkan diri untuk peristiwa yang mempesona ini selama berminggu-minggu, karena ini adalah yang terakhir Gerhana matahari cincin Itu akan terlihat dari langit Amerika hingga 21 Juni 2039, menurut NASA.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada di antara matahari dan bumi dan berada pada titik terjauh dari bumi. Amerika dari Oregon hingga Texas bisa menonton Gerhana akhir pekan ini. Gerhana matahari tahun 2039 hanya akan melewati langit Alaska.

Gerhana dimulai setelah jam 8 pagi waktu setempat di Oregon dan berakhir pada tengah hari di Texas, menurut NASA. Ini adalah bagaimana “Cincin Api” muncul.

Bulan melintas di depan Matahari saat gerhana matahari cincin pada 14 Oktober 2023 di Lakeview, Oregon.

Gambar Nick Ut/Getty


Siang hari di Alamo, mata warga Texas dan ratusan pengunjung memandang ke angkasa.

“Apa yang lebih baik daripada berfoto di depan Kuil Liberty di Texas, dengan latar belakang gerhana matahari,” kata Kate Rogers dari Alamo Trust.

Kerumunan orang menyaksikan gerhana matahari sebagian di Alamo di San Antonio, Texas. 14 Oktober 2023.

Berita CBS


Bulan sabit muncul di bawah bayang-bayang pepohonan saat gerhana matahari cincin.

Brooke Katz


Di Bryce Canyon, Utah, orang-orang keluar ke alam terbuka untuk menyaksikan gerhana, sementara yang lain berbondong-bondong ke Observatorium Griffith di Los Angeles untuk melihat sekilas.

Pendaki menyaksikan gerhana matahari sebagian di Bryce Canyon, Utah. 14 Oktober 2023.

Berita CBS


Pemandangan gerhana matahari cincin sebagian dengan pantulannya pada 14 Oktober 2023 saat melewati Los Angeles, California.

Gambar Getty


John Cody terbang ke San Antonio dari North Carolina untuk melihat fenomena matahari. Ia menyaksikan gerhana tahun 2017 dan tidak mau melewatkan gerhana kali ini.

“Ini sangat keren,” kata Cady. “Hal ini tidak sering terjadi. Saya juga berpikir hanya ada sedikit kejadian serupa di benua Amerika dalam beberapa dekade terakhir. Ini adalah hal yang menarik.”

Kerumunan menyaksikan gerhana matahari sebagian dari Alamo di San Antonio, Texas. 14 Oktober 2023.

Berita CBS


Gerhana berikutnya akan terjadi pada bulan April 2024. Ini merupakan gerhana total, artinya dari Maine hingga Texas akan gelap sebentar di tengah hari.

Dimulai dari pesisir Oregon dan berakhir di pesisir timur Amerika Selatan, gerhana matahari cincin, dimana Bulan berada pada jarak terjauh dari Bumi, akan memperlihatkan lingkaran cahaya matahari di sekitar perbatasan Bulan.

Gambar Nick Ut/Getty


Bayangan penumbra muncul saat gerhana matahari di Driftwood, Texas, pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Jordan Vonderhaar/Bloomberg melalui Getty Images


Bulan mulai turun di bawah cakrawala matahari saat gerhana matahari cincin pada 14 Oktober 2023 di Kerrville, Texas.

Gambar Brandon Bell/Getty


Berbeda dengan gerhana matahari total, Bulan pada gerhana cincin tampak terlalu kecil untuk menutupi Matahari seluruhnya sehingga meninggalkan cincin api di sekeliling Bulan.

Gambar Rick Kern/Getty


Seorang wanita memandang matahari dengan kacamata hitam setelah gerhana matahari cincin total di Taman Nasional Capitol Reef, Utah.

Gambar George Fry/Getty


Bulan melintasi matahari saat muncul dari gerhana maksimum selama gerhana matahari cincin di Taman Nasional Capitol Reef di Utah.

Gambar George Fry/Getty


—Omar Villafranca dan Alisa Chazan berkontribusi pada laporan ini.

READ  Peneliti mengembangkan senyawa yang menghalangi produksi radikal bebas di mitokondria