POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Latihan militer gabungan SGS rencananya akan berlangsung di Situbondo, Karawang, dan Baturaja

Latihan militer gabungan SGS rencananya akan berlangsung di Situbondo, Karawang, dan Baturaja

JAKARTA (ANTARA) – Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar mengatakan, latihan Gabungan Super Garuda Shield 2024 akan digelar di tiga lokasi, yakni Situbondo, Jawa Timur; Baturaja, Sumatera Selatan; Karwang, Jawa Barat.

Latihan Gabungan SGS merupakan latihan militer multilateral yang diadakan setiap tahun oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Indonesia bekerja sama dengan Angkatan Darat AS.

“Latihan SGS 2024 akan dilaksanakan pada 26 Agustus hingga 5 September. Pendaratan pasukan akan dilakukan di Situbondo, dilanjutkan dengan pendaratan pasukan di Karawang, dan percepatan di Baturaja. Semua masih dalam tahap perencanaan,” Gumillar mengungkapkan pada hari Rabu.

Pada tanggal 29 April 2024, Mabes TNI menyelenggarakan Final Planning Meeting (FPC) latihan gabungan SGS dengan negara peserta antara lain Australia, Jepang, India, Kanada, Korea Selatan, Jerman, Perancis, Inggris, Selandia Baru, Belanda, Singapura, Malaysia, Timor Timur, Vietnam dan Thailand.

Sejauh ini, TNI telah melakukan serangkaian persiapan latihan Super Garuda Shield bersama delegasi negara-negara peserta latihan, termasuk survei lokasi latihan dan orientasi medan.

Beberapa persiapan tersebut antara lain orientasi lapangan di Pusat Latihan Tempur (Buslatpur) 5 Baloran, Situbondo, Jawa Timur, pada 23 April 2024.

Dalam Latihan Gabungan SGS 2024, prajurit Batalyon Marinir 5 berencana melakukan latihan pendaratan amfibi di Pantai Panungan, Situbondo, bersama tentara AS dari Komando Indo-Pasifik (US INDOPACOM).

Pada tanggal 25 April 2024, Letkol Ahmad Fuzi bersama tim survei dari Mabes TNI Angkatan Laut, Korps Marinir Indonesia, dan delegasi militer AS dan Jepang meninjau kesiapan lokasi dan menyelaraskan materi pelatihan yang mencakup perawatan korban tempur taktis, pendaratan khusus. latihan, latihan serangan amfibi, dan latihan serangan udara, selain sinkronisasi taktik dan kepemimpinan.

READ  Pemilu Lok Sabha 2024: Gelombang simpati terhadap Uddhav Thackeray dan Sharad Pawar: Chhagan Bhujbal

Pada kesempatan terpisah, Panglima Komando Angkatan Laut AS Laksamana Samuel John Paparo Jr di sela kunjungannya ke Jakarta pada 12 Juni 2024 mengatakan, pihaknya akan mengerahkan hampir dua ribu prajurit untuk mengikuti latihan gabungan SGS 2024.

“Saya berharap dapat kembali ke Indonesia dan bertemu dengan sahabat saya Jenderal Agus (Panglima Angkatan Darat Jenderal Agus Subianto). Ini akan menjadi latihan antar pasukan paling terkoordinasi yang pernah melibatkan tentara dari Amerika Serikat, Indonesia, dan negara lain,” ujarnya. . (INE) Berita Terkait: Indonesia dan Amerika Serikat memulai latihan Super Garuda Shield 2023
Berita Terkait: Indonesia mengundang Thailand untuk mengikuti latihan Super Garuda Shield 2023