POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Latihan Militer ASEAN, Huawei Connect 2023, Asian Games

Latihan Militer ASEAN, Huawei Connect 2023, Asian Games

Selamat datang di minggu Anda di Asia.

Anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara akan mengadakan latihan militer gabungan pertama mereka di Laut Cina Selatan minggu ini di tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai pengaruh Beijing di wilayah tersebut.

Akhir pekan ini, Asian Games yang ditunda dari tahun 2022 karena Covid-19, dijadwalkan dimulai di kota Hangzhou, Tiongkok, dan berlanjut hingga 8 Oktober.

Dapatkan liputan terbaik kami di Asia dan masih banyak lagi dengan mengikuti kami di Twitter @NikkeiAsia.

Senin

Majelis Umum PBB dimulai di New York

Sesi ke tujuh puluh delapan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dimulai di New York dengan tema “Membangun Kembali Kepercayaan dan Menyalakan Kembali Solidaritas Global.” Organisasi ini akan bekerja untuk mempromosikan globalisasi dengan fokus pada tujuan pembangunan berkelanjutan. Ketika perang berlanjut di Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diperkirakan akan hadir di hadapan para pemimpin dunia.

Selasa

Peluncuran latihan militer gabungan ASEAN yang pertama

Negara-negara Asia Tenggara telah meluncurkan Latihan Solidaritas ASEAN yang pertama di provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Latihan angkatan laut akan digelar selama lima hari di Pulau Batam dan Natuna dekat Laut Cina Selatan. Hal ini akan mencakup kegiatan non-tempur termasuk operasi patroli maritim gabungan; Latihan pencarian dan penyelamatan; Bantuan kemanusiaan dan bencana.

Rabu

Huawei Hubungkan 2023

Huawei Technologies akan menjadi tuan rumah forum teknologi Huawei Connect tahunan hingga hari Jumat di Shanghai. Raksasa teknologi Tiongkok ini telah mulai kembali ke pasar ponsel pintar dengan meluncurkan dua perangkat berkemampuan 5G dalam beberapa minggu terakhir.

Prakiraan Ekonomi Bank Pembangunan Asia

Bank Pembangunan Asia mengeluarkan prakiraan baru mengenai pertumbuhan dan inflasi di perekonomian di kawasan ini. Publikasi andalan mereka, Asian Development Prospects, juga mengkaji bagaimana negara-negara ini akan menghadapi hambatan seperti perlambatan Tiongkok, lemahnya perekonomian global, dan kenaikan suku bunga.

READ  Informasi Gempa: Mag rata-rata. 4.6 gempa bumi

Tiongkok mengumumkan tingkat suku bunga utama pinjaman

Kamis

Pertunjukan Permainan Tokyo 2023

Pameran perdagangan mainan selama empat hari dimulai di Chiba, sebelah timur Tokyo. Pertunjukan hybrid – yang diadakan secara langsung dan online – diperkirakan akan menarik total 200.000 orang. Meskipun tidak ada peluncuran produk yang dijadwalkan oleh raksasa industri Nintendo dan Sony, acara tersebut kemungkinan akan menyaksikan peningkatan signifikan dalam jumlah pengunjung asing dari negara-negara seperti Tiongkok dan Amerika Serikat setelah Jepang mencabut pembatasan pariwisata terkait virus corona.

Kebijakan Moneter: Taiwan

PDB: Selandia Baru Q2

Jumat

Kebijakan moneter Bank of Japan

Bank of Japan dijadwalkan mengumumkan keputusannya mengenai kebijakan moneter setelah pertemuan dua hari yang dimulai pada hari Kamis. Setelah menyesuaikan kebijakannya pada bulan Juli dengan membiarkan imbal hasil obligasi pemerintah Jepang bertenor 10 tahun naik menjadi 1%, opini umum kali ini adalah bank sentral akan mempertahankan status quo. Namun, pelaku pasar akan mencermati apakah ada tanda-tanda kenaikan suku bunga dalam waktu dekat. Wawancara dengan Gubernur Kazuo Ueda yang diterbitkan akhir pekan lalu memicu spekulasi mengenai kenaikan awal kebijakan suku bunga negatif bank tersebut, menyebabkan imbal hasil obligasi pemerintah Jepang naik lebih cepat.

Indeks Harga Konsumen Jepang untuk bulan Agustus

akhir pekan

Asian Games dimulai di Hangzhou, Cina

Asian Games ke-19 dibuka hari ini, Sabtu, di kota Hangzhou, Tiongkok timur, setelah ditunda selama satu tahun karena pandemi Covid-19. Lebih dari 12.500 atlet dari 45 negara dan wilayah akan berkompetisi dalam 61 disiplin ilmu dari 40 cabang olahraga. Dota 2, Street Fighter 5 dan video game lainnya termasuk di antara daftar kategori eSports, salah satu tambahan baru di acara tersebut. Sorotan lainnya diperkirakan adalah kriket dan catur, yang kembali hadir setelah absen dalam kompetisi sebelumnya di Incheon dan Jakarta, Korea Selatan. India mengharapkan lebih dari 600 peserta berpartisipasi dalam acara tersebut, yang berlanjut hingga 8 Oktober.

READ  Negara-negara berkembang bergabung untuk menyusun agenda G-20 | berita terbaru india