POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lagu SPYAIR “Oranye” dari “Haikyuu!!”  Di tangga lagu Billboard Jepang

Lagu SPYAIR “Oranye” dari “Haikyuu!!” Di tangga lagu Billboard Jepang

Dengan single terbarunya “Orange”, SPYAIR telah memasuki fase baru dalam karir musiknya.

Mereka mampu mengatasi pukulan fatal bagi sebagian besar band – kehilangan vokalisnya – dengan meluncurkan saluran YouTube “SPYAIR, Mencari Vokalis” dan audisi vokal bertajuk “You SPYAIR! Hei, Bicaralah, Apakah Ada yang Ingin Jadilah Vokalis Kami?” ?Mereka mengubah krisis ini menjadi halaman baru dalam sejarah band, ditulis bersama penggemar mereka, dan pada April 2023 mereka meluncurkan kembali diri mereka sebagai inkarnasi SPYAIR beranggotakan empat orang dengan YOSUKE pada vokal.

“Orange” adalah lagu tema film tersebut Haikyuu!! Pertarungan sampah, yang dibuka di bioskop Jepang pada 16 Februari. Tidak hanya menjadi lagu tema untuk film anime populer, namun lagu band sebelumnya “Imagination”, “I'm a Believer” dan “One Day” juga digunakan sebagai lagu tema. Haikyuu!! Lagu unggulan, jadi “Orange” adalah reuni antara band dan anime.

Menjelajahi

Menjelajahi

Tonton video, tangga lagu, dan berita terbaru

Tonton video, tangga lagu, dan berita terbaru

“Orange” memiliki latar belakang yang emosional, tetapi juga meninggalkan jejaknya di tangga musik. Di tangga lagu Billboard Japan Hot 100 Songs, lagu ini debut di nomor 19 di tangga lagu pada tanggal 21 Februari, minggu pelacakan pertama setelah lagu tersebut dirilis. Seminggu kemudian, pada chart tanggal 28 Februari, lagu ini naik ke posisi tertinggi di nomor 8, menjadi hit terbesar SPYAIR. Itu adalah lagu yang sangat spesial untuk band ini.

Ini bukan satu-satunya alasan mengapa “Oranye” akan membawa SPYAIR ke fase baru dalam sejarahnya. Melihat dengan cermat rincian skor yang digunakan untuk menghitung peringkat Billboard Japan Hot 100 sebuah lagu, jelas bahwa sumber dari hampir seluruh skornya — yaitu cara orang paling sering mendengarkannya — adalah streaming. Billboard Japan Hot 100 saat ini didasarkan pada enam metrik: penjualan CD, unduhan, streaming, radio, penayangan video, dan karaoke. Sejak debut lagu tersebut di tangga lagu, pemutaran sudah mencapai lebih dari 70%. Melihat hasil meteran pemutaran untuk “Oranye”, tingkat penayangannya tetap konsisten bahkan setelah mencapai puncaknya di tangga lagu pada 28 Februari, memperoleh jumlah poin yang kira-kira sama setiap minggunya. Kinerja streaming yang konsisten adalah kuncinya.

READ  BBC mengalami kesalahan terburuk yang pernah ada, ketika seorang reporter yang kebingungan membuat kesalahan rating X ketika 'mengabaikan sinyal otomatis'.

Semua lagu hit di tangga lagu adalah lagu dengan jumlah streaming yang tinggi secara konsisten. Contoh lagu yang mempertahankan posisi No. 1 di Billboard Japan Hot 100 selama berminggu-minggu adalah “Bling-Bang-Bang-Born” dari Creepy Nuts. Lagu ini telah berada di nomor satu di tangga lagu selama 12 minggu berturut-turut (dari 31 Januari hingga 17 April), dan masih kuat. Contoh lainnya adalah “Show” milik Ado, yang terus turun dari nomor satu dan kemudian bangkit kembali, selama total 13 minggu berada di puncak. Lagu lainnya termasuk “Idol” milik YOASOBI, yang memegang rekor chart selama 21 minggu berturut-turut di nomor satu (dari 19 April hingga 6 September 2023). Daftarnya terus berlanjut. Satu kesamaan yang dimiliki semua lagu ini adalah semuanya mengumpulkan poin pada metrik karaoke dan konten buatan pengguna. (UGC = Konten Buatan Pengguna. Untuk tangga lagu Billboard Jepang, ini terdiri dari pemutaran video turunan di YouTube.) Karaoke dan karya turunan adalah cara aktif bagi para penggemar untuk menikmati lagu-lagu tersebut, dan mereka juga menyebarkan kesadaran akan lagu-lagu tersebut kepada orang-orang yang tidak mau. jika tidak, pernah mendengarnya sebelumnya. Ketika orang-orang mengenali dan menyukai lagu-lagu ini, mereka mendengarkannya di layanan streaming, sehingga meningkatkan basis penggemar lagu tersebut.

Melihat metrik Orange dari perspektif ini, kita melihat bahwa skor Karaoke Meter telah meningkat setiap minggunya, akhirnya mencapai 100 teratas pada grafik 3 April. Meskipun tampaknya pengukur konten buatan pengguna telah mencapai puncaknya, lagu tersebut berhasil menjaga jumlah konten buatan pengguna tetap tinggi, seperti halnya mempertahankan jumlah streaming yang kuat. Dari dua fakta tersebut terlihat bahwa “Orange” tidak hanya hits di kalangan eks penggemar SPYAIR saja, namun juga disambut baik oleh masyarakat yang belum familiar dengan karya-karya SPYAIR sebelumnya. Di chart Billboard Japan Hot Albums secara keseluruhan (Billboard Japan menghitung album dengan nama yang sama oranye EP sebagai album), oranye Metrik penjualan CD meningkat pada minggu keempat setelah dirilis (dalam grafik tertanggal 13 Maret 2024). Fakta bahwa penurunan penjualan begitu lambat merupakan bukti lebih lanjut bahwa band ini menjangkau penggemar baru.

READ  Jelajahi dinamika kemarahan di Aries, Leo, Scorpio, dan Taurus

Bagi artis seperti SPYAIR yang aktif sebelum layanan streaming musik tersebar luas di Jepang, penjualan dan pengunduhan CD tetap menjadi metrik utama yang memainkan peran penting dalam menentukan posisi rating mereka. Lagu teratas SPYAIR di Billboard JAPAN Hot 100 adalah “Imagination”, yang berada di nomor tiga di chart 7 Mei 2014, diikuti oleh “I'm a Believer”, yang berada di nomor lima di chart 7 Mei 2014. Chart tertanggal 28 Oktober 2015. Jumlah streaming yang lambat tidak hanya untuk kedua lagu ini, yang dirilis sebelum streaming menjadi mainstream, namun juga untuk lagu-lagu baru seperti “One Day”, lagu tema penutup untuk Haikyuu!! ~ Ke atas, musim keempat dari anime televisi (lagu mulai ditayangkan pada tanggal 3 Oktober 2020, dan disertakan dalam CD edisi terbatas yang dirilis pada tanggal 11 November) dan lagu mereka sebelumnya, “RE-BIRTH” (dirilis pada tanggal 7 Juli 2023 ). . Untuk semua lagu ini, posisi rating dikaitkan dengan pergeseran penjualan dan pengunduhan CD. Situasi dengan “Oranye” sangat berbeda. Dengan kata lain, SPYAIR akhirnya mulai menikmati dukungan streaming dan menarik pendengar baru, menciptakan potensi “Orange” untuk menjadi single yang menduduki puncak tangga lagu dalam jangka panjang dan tetap kuat.

Dukungan streaming ini juga berpotensi menjadikan “Orange” tidak hanya menjadi hit jangka panjang di Jepang, tetapi juga menjadi hit global. Lagu-lagu yang mendapat dukungan streaming (dan karaoke) yang kuat, seperti “Bling-Bang-Bang-Born,” “Show,” dan “Idol,” mencapai kesuksesan global hampir bersamaan dengan ledakan mereka di Jepang. Tentu saja ada faktor lain, seperti tarian atau video pendek, tetapi salah satu faktor utamanya adalah dimasukkannya mereka ke dalam playlist di platform streaming. Jelas ini membuat mereka mendapat lebih banyak perhatian dan membuat lebih banyak orang terpapar pada lagu-lagu ini. Di chart Lagu Dunia Billboard Jepang kecuali. Jepang, tangga lagu global yang memeringkat lagu-lagu hit Jepang di lebih dari 200 negara dan wilayah kecuali Jepang, “Orange” mencapai nomor 57 (di tangga lagu tertanggal 7 Maret 2024). Di chart lagu Jepang (menurut negara), yang menyesuaikan data dari lagu internasional Jepang tidak termasuk lagu. Tangga Lagu Jepang Ditimbang berdasarkan negara per negara, “Oranye” memasuki 20 besar tangga lagu di Korea (mencapai #18 di tangga lagu pada 7 Maret 2024). SPYAIR secara bertahap mengembangkan pengakuan yang lebih luas, terutama di Korea.

READ  Peringkat Streaming untuk Des. 27-Jan. 2 - Reporter Hollywood

Tidak ada cara untuk membicarakan SPYAIR tanpa membicarakan tentang dukungan kuat yang mereka miliki di Korea. Pada tahun 2011, ketika artis Jepang jarang mendapat pengakuan di luar negeri, SPYAIR tampil di Korea. Festival Batu Lembah Jisan 2011. Pada tahun yang sama, mereka merilis album pertama mereka di Jepang dan Korea, dan tampil di acara TV musik M hitung mundur Hampir 12 tahun sebelum YOASOBI. Sejak itu, mereka telah tampil di berbagai festival lokal dan pertunjukan one-man mereka 2DAYS terjual habis. Selama bertahun-tahun, mereka terus membangun basis penggemar di Korea. Haikyuu!! Pertarungan sampah Film ini akan dirilis di bioskop luar negeri pada bulan Mei, dan minat global terhadap “Orange” pasti akan melonjak. Mengingat hal ini, memiliki basis penggemar di luar Jepang akan menjadi keuntungan besar dalam ekspansi grup ini ke luar negeri.

SPYAIR dilakukan di Sakura-kun Konvensi Anime diadakan di Seattle pada tanggal 29-31 Maret, dan pada bulan Mei ia merencanakan tur Asia yang akan membawanya ke Seoul, Taipei, dan Shanghai. Pantau terus SPYAIR baru dan saksikan ia terbang tidak hanya di Jepang tetapi juga di seluruh Asia dan seluruh dunia.

Artikel karya Maiko Murata ini pertama kali muncul di Billboard Jepang