POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

KTT virtual antara Xi dan Biden meningkatkan harapan untuk meningkatkan hubungan antara China dan Amerika Serikat – People’s World

Presiden AS Joe Biden secara kasar bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dari Ruang Roosevelt Gedung Putih di Washington, 15 November 2021. | Susan Walsh AP

China mengatakan pada hari Selasa bahwa pertemuan virtual antara Presiden Xi Jinping dan mitranya dari AS Joe Biden mengirim sinyal kuat ke dunia setelah pertukaran yang jujur ​​​​dan konstruktif antara kedua pemimpin.

Gambaran positif dari pembicaraan itu sangat kontras dengan pertukaran panas antara Washington dan Beijing awal tahun ini, yang meningkatkan harapan untuk perbaikan yang nyata dalam hubungan, meskipun perbedaan besar tetap ada.

“Jika hubungan China-AS tidak bisa kembali ke masa lalu, mereka harus menghadapi masa depan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian.

Konferensi video antara kedua pemimpin dan pembantu utama mereka berlangsung lebih dari tiga jam dan merupakan pertemuan formal pertama mereka sejak Biden menjabat pada Januari.

Biden memberi tahu Xi di awal pertemuan virtual mereka.

Gedung Putih telah menetapkan harapan yang rendah untuk pertemuan itu, yang tidak diikuti oleh pengumuman besar atau bahkan pernyataan bersama.

Xi menyambut Biden sebagai “teman lamanya” dan mengulangi nada ramah yang terakhir dalam sambutan pembukaannya, dengan mengatakan, “China dan Amerika Serikat perlu meningkatkan komunikasi dan kerja sama.”

Namun, Xi mempertahankan sikap tegas terhadap Taiwan, yang telah diindikasikan oleh pejabat China akan menjadi masalah besar bagi mereka dalam pembicaraan tersebut.

Pemerintahan Biden sangat menentang pengerahan militer China atas peningkatan jumlah pesawat tempur di dekat pulau itu, yang Beijing tegaskan sebagai provinsi yang memisahkan diri dari China.

Kantor berita resmi China Xinhua mengatakan Xi menyalahkan ketegangan di Taipei, yang mencari kemerdekaan dengan mengandalkan Amerika Serikat, dan beberapa menggunakan Taiwan sebagai sarana untuk campur tangan di China.

READ  Kota Chicago: Walikota Lightfoot, Senator Durbin, Perwakilan Quigley dan CTA Break Ground Di Lawrence Bersejarah untuk Modernisasi Garis Merah Bryn Mawr...

“Ini sangat berbahaya,” kata Xi seperti dikutip oleh agensi tersebut.

Pasukan militer China melakukan latihan pekan lalu di dekat Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan delegasi kongres AS ke pulau itu.

Gedung Putih mengatakan Biden menegaskan kembali bahwa Amerika Serikat akan mematuhi kebijakan lama “satu China”, yang mengakui kedaulatan Beijing tetapi memungkinkan hubungan informal dan pertahanan dengan Taipei.

Bintang fajar


penyumbang

Bintang fajar