POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

G7 summit kicks off in Germany with Ukraine top on agenda

KTT G7 dimulai di Jerman dan Ukraina menjadi agenda utama

Schloss Ilmau, Jerman

Sejak dimulainya perang Rusia di Ukraina, pertemuan langsung pertama dari tujuh ekonomi terkemuka dunia dimulai di Jerman pada hari Minggu ketika para pemimpin membahas krisis pangan dan energi yang disebabkan oleh perang.

Acara tiga hari berlangsung di Schloss Elmau di Pegunungan Alpen Bavaria, dengan agendanya dianggap lebih mendesak dari sebelumnya karena perang di Ukraina berlanjut.

Setelah mengambil alih kepresidenan G7 dari Inggris pada Januari, Jerman menetapkan tujuan “kemajuan menuju dunia yang adil”.

Di bawah topik ini, isu-isu seperti planet yang berkelanjutan, stabilitas dan transformasi ekonomi, hidup sehat, dan investasi berkelanjutan akan dibahas.

Karena PBB telah berulang kali memperingatkan tentang “krisis kelaparan global yang belum pernah terjadi sebelumnya” sebagai akibat dari perang Rusia-Ukraina, para pemimpin G7 diharapkan membuat komitmen baru untuk ketahanan pangan dan mengatasi kenaikan harga energi.

Sejumlah besar pengunjuk rasa berkumpul pada hari Sabtu di Munich untuk menuntut perang melawan kelaparan ekstrim, penyediaan keadilan sosial dan penghentian penggunaan bahan bakar fosil.

Dari Attac (Asosiasi Perpajakan Transaksi Keuangan dan Aksi Warga) ke World Wildlife Fund, sekitar 15 kelompok yang kritis terhadap globalisasi diharapkan untuk berpartisipasi dalam demonstrasi selama KTT.

Fokus pada konsekuensi jangka panjang dari perang

Situasi di Ukraina diperkirakan menjadi agenda utama, dengan para pemimpin menjanjikan lebih banyak bantuan ke negara itu.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Minggu bahwa tujuh negara terkaya di dunia akan mengumumkan larangan impor emas Rusia.

“G7 akan bersama-sama mengumumkan bahwa kami akan melarang impor emas Rusia, ekspor utama yang menghasilkan puluhan miliar dolar untuk Rusia,” dia mengumumkan di Twitter.

READ  Komoditas 2022: Indonesia mengalihkan lebih banyak LNG untuk penggunaan domestik, mengenakan pajak karbon

Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen mengatakan: “Kami akan mendukung Ukraina selama ada kebutuhan. Dampak global negatif dari perang Rusia akan berada di garis depan dan fokus pertukaran kami di G7.”

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga menegaskan sekali lagi bahwa pemerintah akan terus mendukung Ukraina.

“Sekarang bukan waktunya untuk meninggalkan Ukraina, mereka membutuhkan dukungan dan tekad G7 lebih dari sebelumnya,” katanya di Twitter.

“Inggris akan terus mendukung Ukraina di setiap langkah karena kami tahu keamanan mereka adalah keamanan kami, dan kebebasan mereka adalah kebebasan kami,” tambahnya.

Johnson diharapkan memberi tahu para pemimpin KTT bahwa Presiden Zelensky membutuhkan dukungan Barat lebih dari sebelumnya.

Menurut pernyataan pemerintah Inggris, Inggris siap untuk menjamin setengah miliar dolar lagi dalam bentuk pinjaman kepada pemerintah Ukraina, sehingga total dukungan ekonomi dan kemanusiaan Inggris menjadi lebih dari 1,5 miliar pound ($1,8 miliar).

langkah-langkah keamanan

Sementara itu, polisi Jerman telah menyelesaikan persiapan untuk menghadapi kemungkinan demonstrasi selama acara tersebut.

Lebih dari 20.000 polisi bekerja untuk keamanan para pemimpin G7.

Area sekitar 4 kilometer di sekitar Istana Elmau, tempat puncak akan diadakan, ditutup.

Demonstran juga akan membuka kamp protes menentang KTT G7 di Garmisch-Partenkirchen, di mana sekitar 750 orang diperkirakan akan hadir.

Sebanyak 260 kontainer telah dipasang di stadion skating Olimpiade kota di mana polisi, jaksa dan hakim akan bekerja dalam shift 24 jam, untuk mengadili mereka yang ditangkap selama demonstrasi.

Sementara itu, selama KTT G7, Jerman untuk sementara menangguhkan aplikasi Schengen, yang memberikan kebebasan bergerak, untuk alasan keamanan.

Kementerian Dalam Negeri Jerman mulai melakukan kontrol sementara di perbatasan Jerman antara 13 Juni dan 3 Juli 2022.

READ  PT. Animus Bersama Cermerlang dan Virtual Internet Pte. Singapura telah mencapai kesepakatan untuk mendistribusikan aplikasi melalui jaringan 5G virtual

Untuk mencegah orang-orang yang berpotensi melakukan kekerasan memasuki Jerman, kontrol perbatasan diberlakukan di perbatasan darat, udara, dan laut negara itu.

Siapa yang datang?

KTT tersebut akan dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden, Kanselir Jerman Olaf Schulz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Italia Mario Draghi dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Selain tujuh negara, Indonesia, India, Afrika Selatan, Senegal, dan Argentina juga diundang.

Perdana Menteri India Narendra Modi diharapkan untuk berbicara dalam dua sesi yang mencakup isu-isu seperti lingkungan, energi, iklim, ketahanan pangan, kesehatan, kesetaraan gender dan demokrasi.

Presiden Ukraina Zelensky, kepala negara dan pemerintahan negara mitra dan kepala organisasi internasional juga akan berpartisipasi melalui tautan video.

Situs web Anadolu Agency hanya berisi sebagian dari berita yang diberikan kepada pelanggan AA News Broadcasting System (HAS), dan secara ringkas. Silakan hubungi kami untuk opsi berlangganan.