POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Komite Kerja Sama Ekonomi Bersama Pertimun Kidua (JCEC-2) Republik Indonesia – Republik Korea

Komite Kerja Sama Ekonomi Bersama Pertimun Kidua (JCEC-2) Republik Indonesia – Republik Korea

Koordinator Sementori Bedang Perikonomian
Republik Indonesia

Ciaran Pearce
HM.4.6/265/SET.M.EKON.3/07/2023

Komite Kerja Sama Ekonomi Bersama Pertimun Kidua (JCEC-2) Republik Indonesia – Republik Korea

Seoul, 24 Juli 2023

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Korea melakukan Pertemuan Ke-2 Joint Committee for Economic Cooperation (JCEC-2) di Seoul, Republik Korea (24/7). Agenda tersebut merangkum Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea (IK-CEPA) yang berlaku efektif pada Januari tahun ini.

Kawasan JCEC-2 RI-RoK dibentuk hanya pada satu bidang (pokja) yaitu: Perdagangan, Penanaman Modal, Kerjasama Industri dan Ekonomi Digital. Pada saat yang sama, di wilayah Kitiga Kilombok, JCEC mempunyai zona energi dan sumber daya mineral yang dikembangkan pada bulan November 2022. Wilayah Kimbat termasuk wilayah Sibagai (potential advantage), yaitu perekonomian yang buruk melalui kerja sama kedua negara yang menjual menguntungkan.

Jangan ragu untuk menghubungi kami dan kami akan mengirimkan pesan yang akan digunakan di Indonesia-Korea. Kelompok kerja perdagangan dan investasi sepakat mendalami pengembangan Investasi turunan nikel tok Baterai mobil listrik (EV), daur ulang Baterai Kendaraan Listrik, Motor Listrik, panel surya, kemudahan perijinan impor, akses pasar produk buah Indonesia ke Korea serta bantuan pembangunan resmi (Official Development Assistance) ) Infrastruktur sektor kendaraan listrik besar, teknologi canggih, dll memiliki potensi besar yang memberikan kemampuan besar di bidang pengukuran kinerja.

Bidang kerja sama industri ini mencakup bidang kerja sama industri yaitu industri mobilitas listrik (e-mobilitas) yang berkembang di Korea yaitu Industri 4.0 yaitu industri kaca bertulang, lembaran kaca, dan bioteknologi putih. Kelompok telah memisahkan produk ini dari produksi produk petrokimia Lotte dan memproduksinya di tingkat PT. Krakatau Steel-Bosco. Kementerian Perindustrian Indonesia sedang meneliti salah satu produk (wellness) melalui bio-prospecting di industri. Korea memiliki keunggulan teknologi dan menghasilkan kebugaran termasuk kosmetika sedangkan Indonesia memiliki sumber daya bahan bakunya.

READ  Indonesia merencanakan perdagangan karbon pertamanya minggu depan

Ekonomi digital adalah ekonomi digital baru yang sudah ada sejak WG E-commerce Group. Kelompok ini dibentuk saat pertemuan biner di Tengah KTT G20 Bali November 2022. Kelompakatan dalam kelompok kerja ini adalah pembangunan center of excellence for Digital Startup, pengembangan Indonesia-Korea CEPA Digital Origin Information Exchange System, kerja sama perlindungan HAKI Pada e-commerce, pengalaman dan pengalaman Wonderful melalui UMKM Indonesia melalui platform elektronik yang merupakan salah satu perusahaan e-commerce terpenting. Dengan melakukan beberapa langkah sederhana, Anda dapat menciptakan level digital sehingga gagasan pengembangan diharapkan membuka hubungan bisnis hingga level UKM.

Kelompok Energi dan Sumber Daya Mineral menyediakan energi melalui transportasi energi massal, eksplorasi mineral, dan berkontribusi terhadap mitigasi global. Korea memiliki teknologi terkini dan tercanggih dalam industri teknologi, termasuk industri otomotif dan semikonduktor. Teknologi energi terbarukan telah digunakan untuk penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS), produksi energi hidrogen/amoniak, PLTA, partisipasi eksplorasi Korea Selatan dalam eksplorasi gas di Indonesia, kebijakan smart grid dan program peningkatan kemampuan SDM di sektor energi melalui pemanfaatan energi terbarukan. teknologi modern. untuk pembangkit listrik (reaktor pintar).

Hasil Hasil melanjutkan kehadirannya di wilayah Kilombok dengan memperluas ilmu dan pengalamannya di Kepala Negara Kidua Negara. JCEC-2 terselesaikan melalui 50 tahun diplomasi Indonesia-Korea

Ketua Delegasi Pemerinta Indonesia, Deputi Koordinator Ekonomi Internasional, Pedang Perekonomiyan, Eddy Prio Bambodi mengatakan, “Binary 50 tahun pada tahun 2023, masa keemasan dimana era baru telah tercipta berkat kecanggihan teknologi yang diberikan oleh manfaat teknologi Baji Misyarkat” Kidwa Negara.”

Dengan kehadirannya di Indonesia, Delegasi Republik Korea Kitwa, Wakil Direktur Industri, Industri dan Energi, serta Jeong Daejin sekaligus berpisah dengan tingkat senior dan sektor di JCEC dalam 50 tahun kerja sama bilateral. Jeong Dae-Jin fokus pada perkembangan terkini di sektor ini, termasuk: mendorong perdagangan regional dan global, industri ramah lingkungan itu sendiri dan mitigasi risiko di Peru, yang akan memaksimalkan implementasi melalui dua kemitraan yang sukses di bidang ini International Telecommunication Union Indonesia – Korea Comprehensive Perjanjian Kemitraan Ekonomi (IKCEPA) dan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP).

READ  Kementerian Luar Negeri Singapura

Resor ini didirikan secara terpisah di kawasan Peningkatan dan Teroposan di Indonesia dan Korea yang sama. MP mengarahkan bantuan untuk memisahkan prioritas sektor di JCEC. Sektor ini terbuka dan transparan, mendorong investasi dan investasi, serta menghasilkan pendapatan besar melalui industri nikel, industri baterai, dan kerja sama bisnis internasional di sektor mineral (logam kritis) serta kerja sama transisi energi. JCEC-2 didirikan dalam usaha bisnis yang terdiri dari 50 orang dari Indonesia dan Korea yang berjumlah lebih dari 200 orang. (Deb7)

***

Guru Pekara Kementaryan, Koordinator Bedang Perekonomiyan
Kepala Peru Communicación, Informasi Informasi, Data
Koordinator Kiminteri Bedang Perikonomian
Hario Limancito

Website: http://www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Threads, Facebook, TikTok dan YouTube: @PerekonomianRI
Email: [email protected]
LinkedIn: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia