POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Komisi IKN berusaha menjadikan Nusantara lovable and livable

Oleh karena itu, kami akan melakukan market sound bersama dengan Godin yang akan dipimpin langsung oleh Presiden (Joko Widodo).

JAKARTA (ANTARA) – Otoritas Daerah Ibu Kota Negara (IKN) berupaya mengembangkan IKN masa depan Indonesia yang dikenal sebagai Nusantara, menjadi kota yang layak huni dan diinginkan dengan membuat peraturan pemerintah yang diperlukan, mendirikan perusahaan milik Otoritas IKN, dan mendorong investasi. .

“Ada tiga inisiatif untuk membangun IKN, yang tidak hanya menjadi livable, tetapi juga lovable. Pada 2024, kami berharap dapat membangun ekosistem (perkotaan) yang komprehensif untuk menjadikan kota layak huni,” ketua Komisi IKN, Bambang Susantono, kata dia di Kantor Presiden, Selasa.

Inisiatif pertama adalah merampungkan rancangan peraturan pemerintah tentang insentif bagi calon pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya di IKN.

“Dengan demikian, banyak insentif finansial dan non finansial yang telah kami rancang bekerja sama dengan Kementerian Penanaman Modal dan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dan tim antar departemen Keuangan (Kementerian), Pappenas (Kementerian Pembangunan Nasional). Badan Perencanaan/Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional), dan lain-lain Kementerian mendorong para investor untuk menanamkan modalnya dan memulai usahanya melalui IKN.

Investasi itu harus menguntungkan semua pihak, termasuk pemerintah, warga IKN, dan pelaku usaha, katanya.

Berita Terkait: Komisi IKN melakukan konsultasi publik tentang penataan ruang

Sementara itu, IKN sedang mempersiapkan pendirian badan usaha milik KPPU sebagai inisiatif kedua.

“Sambil mempromosikan peluang investasi (di IKN) bersama Gadin (Perdagangan dan Industri Indonesia), kami banyak mendapat masukan, salah satunya kelincahan Komisi IKN (dalam memajukan investasi) yang bisa kita wujudkan jika kita punya usaha. Badan yang menangani bidang usaha (investasi),” kata Susantono.

Oleh karena itu, urusan bisnis di IKN akan dikelola oleh badan usaha milik Otoritas IKN. Badan usaha bekerja sama dengan investor dan pelaku usaha, merundingkan kesepakatan, dan melakukan rekayasa keuangan.

READ  Para pemimpin keuangan G-20 setuju untuk membantu negara-negara yang terlilit utang

“Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan bisnis yang sangat baik dan stabil. Oleh karena itu, kami akan memperhatikan keberlanjutan investasi di masa depan,” kata pejabat itu.

Inisiatif ketiga adalah menyebarluaskan informasi tentang peluang investasi di IKN. Promosi peluang dilakukan dengan Godin.

“Oleh karena itu, kami akan melakukan market call bersama dengan Godin yang akan dipimpin langsung oleh Presiden (Joko Widodo),” kata pejabat tersebut.

Market sounding direncanakan pada pertengahan Oktober 2022 dengan mengundang calon investor ke forum dialog.

Semua inisiatif ini bertujuan untuk menjadikan IKN kota yang lebih hijau, cerdas, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, tambah Ketua Komisi IKN.

Berita Terkait: Pemerintah merumuskan peraturan untuk memberikan dasar hukum bagi investasi IKN