POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Komedian Spanyol Francisco Ibáñez meninggal dunia pada usia 87 tahun

Komedian Spanyol Francisco Ibáñez meninggal dunia pada usia 87 tahun

MADRID (Reuters) – Francisco Ibanez, komedian Spanyol paling terkenal di akhir abad ke-20 dan terkenal karena film anak-anak “Mortadillo and Philemon,” telah meninggal dunia, penerbitnya melaporkan Sabtu. Dia berusia 87 tahun.

“Dengan sangat sedih koleksi perdana Penguin Random House mengumumkan kematian kartunis hebat Francisco Ibáñez pagi ini di Barcelona,” kata penerbit itu dalam sebuah pernyataan.

Ibáñez dibesarkan di Barcelona di mana dia mulai menggambar di sudut koran ayahnya, setelah dia tidak dapat menemukan kertas lain untuk dikerjakan di rumah keluarganya.

Pada tahun 1943, pada usia tujuh tahun, dia dibayar lima peseta untuk kartun pertamanya dalam komedi Chicos, tetapi atas saran ayahnya, dia belajar akuntansi dan bekerja di bank setelah lulus kuliah.

Yang membuat ayahnya kesal, dia meninggalkan bank untuk bekerja di komik, dan pada tahun 1958 “Mortadelo and Filemon” lahir, menampilkan dua agen rahasia yang bekerja untuk TIA, sebuah parodi dari CIA.

Penerbit mengatakan bahwa strip itu sukses besar dan karakternya digunakan dalam kartun dan film, dan diterjemahkan ke dalam sembilan bahasa.

“Kami mengucapkan selamat tinggal pada karakter paling penting dalam komedi Spanyol,” tulis Penguin di Twitter. “Dia meninggalkan kita warisan luar biasa dari kejelasannya, humornya, dan lebih dari 50.000 halaman dengan karakter yang mengesankan yang telah membuat banyak pembaca senang.”

Ibáñez juga dikenal dengan 13 avenue del Bercibe, komedi satir tentang tetangga di sebuah blok apartemen.

Arturo Pérez-Riverte, seorang penulis Spanyol yang terkenal karena novel-novel Atristiannya, men-tweet: “Dengan kematian Ibáñez, hampir semua dari kita, yang masih anak-anak di Spanyol, sedang berkabung.”

Menikah dengan Remedios Solera, pasangan itu memiliki dua anak perempuan. Sebagai anak-anak, mereka suka membaca komik saingan Ibáñez.

READ  Disney's Jungle Cruise dengan The Rock: Tanggal rilis dan cara menonton

(Laporan oleh Graham Kelly) Diedit oleh David Holmes

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.