POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Komandan Indo-Pasifik AS Mengunjungi Indonesia > Komando Indo-Pasifik AS > 2015

Komandan Indo-Pasifik AS Mengunjungi Indonesia > Komando Indo-Pasifik AS > 2015

JAKARTA, Indonesia – Komandan Komando Indo-Pasifik AS, Laksamana. samuel j. Paparo mengunjungi Indonesia pada 11-14 Juni untuk bertemu dengan pejabat senior militer dan pemerintah saat kedua negara merayakan ulang tahun ke-75 hubungan bilateral AS-Indonesia.

Kunjungan resmi pertama Paparo ke Indonesia sebagai komandan USINDOPACOM menunjukkan komitmen Amerika dalam mendukung modernisasi kekuatan pertahanan Indonesia dan menyoroti dukungan terhadap Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Dalam kunjungannya, Paparo mengadakan diskusi untuk mencari cara meningkatkan kerja sama di bidang keamanan maritim; Bantuan kemanusiaan/bantuan bencana dan pemeliharaan perdamaian; dan latihan militer bilateral dan multilateral, seperti Super Garuda Shield tahun ini, latihan militer terbesar AS bersama Indonesia dan latihan militer terbesar di kawasan Indo-Pasifik.

Paparo bertemu dengan Jenderal Agus Subianto, Panglima Tentara Nasional Indonesia; Letjen Purnawirawan M. Herindra, Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia; Wakil Panglima TNI Angkatan Laut Erwin S. alternatif; dan Letjen Suhariando, Direktur Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dalam diskusi panel dengan Wakil Menteri Organisasi dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Dr. Radithya Jati, dan Direktur Misi USAID Jeff Cohen, Paparo menggarisbawahi dukungan AS terhadap strategi pemulihan dan kesiapsiagaan bencana di Indonesia. Kelompok ini menekankan pentingnya interoperabilitas, komunikasi dan koordinasi antara militer, pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah dan organisasi keagamaan. Mereka juga membahas pentingnya pembelajaran dari bencana di masa lalu dan perlunya strategi respons cepat, peningkatan kapasitas, pemetaan risiko, dan perencanaan kontinjensi.

Selama di Indonesia, Paparo menjadi pembicara utama pada upacara pengakuan taruna Akademi Militer Indonesia untuk pertukaran budaya dengan Akademi Angkatan Laut AS dan Akademi Militer AS. Pertukaran ini menjadi simbol penting persahabatan, kerja sama, dan kemitraan antara Amerika Serikat dan Indonesia.

READ  Opini publik tentang vaksin Pemerintah-19 di PNG: Kabar buruk, kabar baik, dan jalan ke depan

Pada November 2023, Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III dan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan yang bersejarah dan membahas perluasan peluang pelatihan, peningkatan pertukaran pendidikan, dan peningkatan kesadaran domain maritim. Di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif yang baru, Amerika Serikat dan Indonesia memperluas kerja sama dalam semua hal yang menjadi perhatian bersama, termasuk mendorong perdamaian dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik.

Hubungan antar masyarakat antara Amerika Serikat dan Indonesia menjamin Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka berdasarkan nilai-nilai demokrasi bersama dan komitmen bersama terhadap tatanan internasional berbasis aturan.